counter

UI-Grab jalin kemitraan tingkatkan teknologi

UI-Grab jalin kemitraan tingkatkan teknologi

Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis M. Met (ketiga dari kiri) bersama President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kedua kanan) menandatangani Nota Kesepakatan Bersama Universitas Indonesia dengan Grab.

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha UI (DPPU UI) menjalin kerja sama strategis dengan Grab untuk menjadi mitra strategis bagi program pengembangan startup binaan UI, khususnya yang bergerak di bidang teknologi, medis, dan sosial.

Rektor UI Prof. Muhammad Anis usai melakukan penandatangan kerja sama denganPresident of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata di Aula Ruang Terapung UI, Kamis mengatakan sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI memiliki komitmen untuk memajukan bangsa melalui semangat riset dan inovasi.

Saat ini, UI juga gencar mendukung mahasiswa untuk menciptakan startup sehingga kelak lulusan kami pun dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Agenda hari ini menjadi salah satu bukti bahwa semangat Wirausaha dan Inovasi UI didukung penuh oleh pemain industri digital yang telah mencapai level Decacorn, Grab.

Diharapkan, kolaborasi yang sarat dengan teknologi ini dapat menstimulasi semangat berinovasi dan berwirausaha bagi sivitas akademika UI untuk menghasilkan startup company berkelas demi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia ke tingkat berikutnya.

Sementara itu President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan kami percaya teknologi memiliki kekuatan untuk menjadikan hidup setiap orang lebih baik.

Ia mengatakan kerja sama dengan Universitas Indonesia sejalan dengan komitmen Grab untuk Indonesia yang terangkum dalam master plan Grab 4 Indonesia 2020 dimana kami mendukung penuh penciptaan lapangan pekerjaan, peningkatan kapasitas talenta lokal di bidang teknologi informasi, technopreneurship dan inovasi teknologi.

"Kami memiliki program Grab Ventures yang sejalan dengan misi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), beserta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang ditujukan untuk menemukan dan mengembangkan pemimpin teknologi generasi berikutnya di Asia Tenggara, sekaligus mendorong inovasi dan digitalisasi," ujarnya.

Dengan kerja sama ini, kami harap dapat berkontribusi dalam membentuk wirausahawan bidang teknologi (technopreneur) sehingga mereka dapat mengembangkan solusi teknologi dan menciptakan peluang ekonomi baru di Tanah Air.

Sejumlah startup potensial hasil inkubasi sivitas akademika UI akan dibina melalui program bernama Program Akselerator 'UI Works' dengan menggandeng Code Margonda sebagai partner penyelenggara. Program ini diperuntukkan bagi sivitas akademika UI serta anak muda lainnya di luar UI yang memiliki usaha rintisan dengan syarat setidaknya telah memiliki prototype atau Beta version dari produknya.

Baca juga: Grab dapat suntikan miliaran dolar dari Softbank

Baca juga: Grab Indonesia layani lebih dua juta perjalanan ke bandara

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wapres JK resmikan komunitas dan kampus sehat UI

Komentar