Jakarta (ANTARA) - Marc Wilmots telah ditunjuk sebagai pelatih timnas Iran dengan kontrak tiga tahun. Mantan pelatih timnas Belgia dan Pantai Gading tersebut telah tiba di Teheran pada Rabu (16/5) waktu setempat untuk menandatangani kontrak, menurut kantor berita negara IRNA yang dikutip oleh Sky Sports.

Kantor berita itu mengatakan bahwa presiden federasi sepak bola Iran, Kami Rita Sherpa telah mengonfirmasi kesepakatan dengan pelatih berusia 50 tahun tersebut. Ia diperkirakan akan menukangi Iran hingga akhir Piala Dunia 2022.

Wilmots, yang pernah 70 kali membela timnas Belgia, menggantikan pelatih asal Portugal Carlos Queiroz yang mengundurkan diri pada Januari setelah delapan tahun bertugas. Queiroz mundur setelah Iran tersingkir di semifinal Piala Asia oleh timnas Jepang.

Wilmots pernah memimpin Belgia di Piala Dunia 2014 selama masa kepelatihannya antara tahun 2012-2016, tetapi dipecat setelah tersingkir di perempat final Piala Euro 2016.

Masa jabatannya di Pantai Gading hanya bertahan selama enam bulan sebelum ia dipecat karena gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pertandingan kualifikasi Iran untuk Piala Dunia 2022 dimulai pada bulan September.

Baca juga: Queiroz: Iran harus menjadi diri sendiri menghadapi Jepang di semifinal Piala Asia

Baca juga: Iran kalahkan Oman 2-0 untuk melaju ke perempat final Piala AFC

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019