counter

Rusuh, napi narkoba di Langkat bakar fasilitas Lapas

Rusuh, napi narkoba di Langkat bakar fasilitas Lapas

Sebanyak 1.600 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Simpang Ladang Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, membakar bangunan dan berbagai kenderaan yang ada di tempat tersebut yang diduga dipicu sengketa antar petugas narapidana. (Antara Sumut/Imam Fauzi)

Langkat (ANTARA) - Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Simpang Ladang, Kecamatan Hinai, Langkat, Sumatera Utara, membakar bangunan dan berbagai kendaraan yang ada di tempat tersebut yang diduga dipicu sengketa antara narapidana dan petugas lapas.

Kepala Kepolisian Resor Langkat AKBP Doddy Hermawan SIK di lokasi kejadian, Kamis sore, menjelaskan di dalam lembaga pemasyarakatan tersebut terdapat 1.600 narapidana, 215 di antaranya perempuan.

"Kami sedang berupaya untuk mengamankan kembali lembaga pemasyarakatan tersebut dengan menerjunkan aparat satu kompi dari Brimob, satu kompi dari Marinir, satu kompi dari Raider, (Kostrad)," katanya.

Kapolres yang didampingi Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Syamsul Alam langsung memerintah para petugas untuk mengamankan dan melakukan isolasi agar para tahanan tidak ada yang melarikan diri lagi.

Yang pasti menurut data sementara ada 100 narapidana narkoba ini yang melarikan diri. Namun, 30 di  antaranya kita amankan dan kita titip di rumah tahanan negara Tanjungpura dan Polsek Hinai, ujarnya.

"Pemicu dari kejadian dan peristiwa itu karena adanya perbedaan pendapat antara narapidana dengan petugas lembaga pemasyarakatan," sambungnya.

Dari lokasi kejadian langsung amatan ANTARA, terlihat warga sekitar lembaga pemasyarakatan ramai memadati lokasi untuk melihat dari dekat peristiwa yang terjadi.

Lapas tersebut terbakar sekitar pukul 14.00 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB.

 

Antisipasi kerusuhan, TNI/Polri patroli di daerah

Pewarta: Juraidi dan Imam Fauzi
Editor: Sigit Pinardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar