Ketersediaan pangan aman hingga Lebaran, kami terus melakukan pemantauan
Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, memastikan stok bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat dapat mencukupi selama Ramadhan hingga Lebaran 2019.

"Ketersediaan pangan aman hingga Lebaran, kami terus melakukan pemantauan," kata Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Purbalingga Johan Arifin di Purbalingga, Jumat.

Dia juga mengatakan, untuk mengurangi dampak kenaikan harga selama bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri, pihaknya juga menggelar pasar murah di enam kecamatan. Salah satunya di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang.

Selain itu, pihaknya juga secara berkala melakukan pengawasan makanan dan barang dalam keadaan terbungkus (BDKT) di pasar-pasar dan toko-toko yang ada di wilayah setempat dan memantau ketersediaan beras salah satunya di gudang beras Sinar Beras Desa Kalitinggar, Kecamatan Padamara.

Pihaknya juga secara berkala memantau perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional yang ada di Purbalingga guna mengetahui perkembangan harga terkini.

Sementara itu, berdasarkan pemutakhiran harga terkini kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Segamas Purbalingga pada Kamis (16/5/2019) diketahui bahwa harga daging sapi murni Rp120.000 per kilogram.

Daging ayam ras Rp34.000 per kilogram sementara daging ayam kampung Rp70.000 per kilogram.

Sementara telur ayam ras Rp22.500 per kilogram dan telur ayam kampung Rp46.200 per kilogram.

Harga cabai merah besar keriting Rp21.000 per kilogram, cabai merah besar Rp10.000 per kilogram, rawit merah Rp14.000 per kilogram, dan rawit hijau Rp15.000 per kilogram.

Selain itu, harga bawang merah Rp28.500 per kilogram, bawang putih kating Rp41.500 per kilogram, harga kacang tanah Rp22.500 per kilogram dan harga kacang hijau Rp16.500 per kilogram.

Baca juga: Jalur mudik Pemalang-Purbalingga miliki beragam destinasi wisata
Baca juga: Pemkab Purbalingga minta pengusaha berikan diskon selama Ramadhan


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019