Jakarta (ANTARA) - Meski Rafael Nadal tiba di Roma tanpa gelar turnamen tanah liat untuk pertama kalinya sejak 2004, namun kepercayaan dirinya berbuah sukses mengalahkan unggulan No.14 Nikoloz Basilashvili 6-1 dan 6-0, Kamis waktu setempat, untuk mencapai perempatfinal Italia Open 2019.

Pada hari yang sama Nadal terlebih dulu menundukkan petenis Prancis Jeremy Chardy 6-0 dan 6-1.

"Bermain dua pertandingan adalah hari yang sangat berbahaya. Tapi saya bisa menjalaninya dengan baik dan bermain bagus," ujar petenis Spanyol itu dalam laman atptour.com, Jumat.

Kepercayaan diri Nadal berbuah dengan hanya kehilangan dua gim pada dua pertandingan itu.

Basilashvili adalah salah satu pemain dengan stamina terbesar di ATP Tour, tetapi Nadal berhasil encegah pemain petenis asal Georgia itu masuk ke baseline untuk mendikte permainan Nadal.

Nadal pun menyelamatkan satu-satunya break point yang dia hadapi, dan memenangkan 62 persen poin servis pertama yang mengesankan dalam kemenangan 62 menitnya melawan petenis peringkat ke-18 itu.

Secara total Nadal hanya menghabiskan dua jam dan sembilan menit di lapangan dalam dua pertandingannya, sedangkan Fernando Verdasco yang akan dihadapi Nadal pada perempat final, menghabiskan waktu yang sama untuk menyelesaikan satu pertandingan.

"Dia selalu tangguh dan hebat. Basilashvili pemain yang sangat berbahaya bagi semua orang saat dia bermain bagus. Dia memiliki karir tenis yang hebat," tutur Nadal.

Verdasco menyingkirkan Dominic Thiem dengan 4-6, 6-4, 7-5 dalam dua jam dan 44 menit, serta dan Karen Khachanov dengan 7-5, 3-6, 6-3 dalam dua jam dan 10 menit.

Baca juga: Djokovic taklukan Shapovalov dengan cepat

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019