Kupang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Thomas Dohu mengatakan, pihaknya telah membacakan hasil pemilu serentak di NTT dalam rekapitulasi nasional di Jakarta.

"Kami sudah bacakan hasil pemilu di NTT untuk jenis pemilihan Presiden, DPR RI untuk daerah pemilihan (Dapil) NTT-1 dan Dapil NTT-2 dan juga pembacaan hasil perolehan suara DPD RI Provinsi NTT," kata Thomas Dohu kepada Antara, Jumat.

Thomas Dohu yang mengaku sedang berada di Jakarta untuk mengikuti rekapitulasi nasional itu mengatakan, pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 dari NTT itu berjalan lancar.

Menurut dia, pembacaan hasil Pemilu dari NTT itu di hadapan para saksi peserta pemilu dan Bawaslu RI.

Namun, KPU NTT tetap menunggu hingga pengesahan hasil pemilu yang dijadwalkan pada 22-25 Mei mendatang.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna mengatakan, Bawaslu NTT juga turut menghadiri pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat pusat atau nasional.

Dia mengatakan, secara umum pemilu di NTT berjalan lancar dan aman, kecuali saat rekapitulasi yang masih ada ketidakcermatan petugas dalam menginput data.

"Pada saat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara beberapa waktu lalu, masih terdapat beberapa masalah seperti, kurangnya pencermatan pengisian data pemilih," katanya

Ketidakcermatan itu antara lain pada pengisian data pemilih DPT, DPTb, DPK, disabilitas dan juga pengguna hak pilih.

Kondisi ini sempat menghambat proses pleno, namun semua data langsung dibereskan oleh KPU kabupaten/kota, katanya menambahkan.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019