Indonesia hingga saat ini masih terbebas dari penyakit EMS/AHPND...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya meningkatkan sosialisasi pencegahan penyakit sindrom kematian dini udang (biasa disingkat EMS atau AHPND) melalui kerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan nasional.

Dirjen Perikanan Budi daya KKP Slamet Soebjakto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, mengemukakan, sepanjang bulan April hingga Mei 2019 KKP bersama stakeholder perikanan budi daya seperti Shrimp Club Indonesia (SCI), Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT), usaha pengolahan dan lainnya melakukan road show sosialisasi pencegahan penyakit ini di Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, dan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, ujar dia, KKP juga membentuk dan mengintensifkan peran tim gugus tugas pencegahan penyakit AHPND beranggotakan unsur pemerintah, pelaku usaha, akademisi dan pakar.

"KKP terus melakukan surveilance atau pengawasan terhadap cara budi daya ikan yang baik, penggunaan induk, dan memonitor residu. Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut sosialisasi ini Ditjen Perikanan dan Budi daya akan menerjunkan pengawas pembudi daya ikan untuk memonitor kegiatan budi daya di masyarakat," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, EMS/AHPND merupakan penyakit serius yang dapat menyebabkan berbagai kerugian fisik dan finansial pada industri budi daya udang yang telah terjadi di beberapa negara sehingga berpotensi mengancam produksi udang.

Penyakit ini ditimbulkan oleh adanya infeksi Vibrio parahaemolyticus (Vp AHPND) yang mampu memproduksi toksin. Pada umumnya, AHPND rentan menyerang udang windu (Penaeus monodon) dan udang vaname (Penaeus vannamei) dengan mortalitas mencapai 100 persen pada stadia postlarvae (PL) umur 30-35 hari dan udang usia kurang dari 40 hari setelah tebar ditambak.

Pertama kali ditemukan di Republik Rakyat China pada tahun 2009 dengan sebutan Covert Mortality Disease. Pada Tahun 2011, AHPND dilaporkan telah menyerang Vietnam dan Malaysia, disusul Thailand (2012), Meksiko (2013) dan Filipina (2015). Saat ini India juga dilaporkan diduga terserang AHPND, namun belum ada notifikasi dari pihak pemerintah India.

FAO mencatat, dalam kurun waktu tiga tahun, produksi udang di Thailand mengalami penurunan produksi yang drastis dari 609.552 ton pada 2013 menjadi 273.000 ton pada 2016 akibat serangan AHPND.

Sedangkan dampak kerugian ekonomi yang dialami Vietnam selama kurun waktu 2013 - 2015 adalah sebesar 216,23 juta dolar AS atau rata-rata sebesar 72 juta dolar per tahun.

"Indonesia hingga saat ini masih terbebas dari penyakit EMS/AHPND, namun jika melihat dari latar belakang munculnya penyakit ini, maka segala potensi resiko dalam industri budi daya udang nasional harus diantisipasi secara serius. Indonesia mewaspadai masuknya penyakit lintas batas yang dapat mengancam industri perudangan nasional dalam hal ini wabah AHPND dari negara terjangkit," ujarnya.

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019