Konsep agenda Ramadhan kami merujuk pada Masjid Nabawi, termasuk tata cara shalat tarawih...
Indramayu (ANTARA) - Salah satu wisata religi Islamic Center Syekh Abdul Manan di Indramayu, Jawa Barat, menawarkan suasana Masjid Nabawi ketika bulan Ramadhan 2019.

"Konsep agenda Ramadhan kami merujuk pada Masjid Nabawi, termasuk tata cara shalat tarawih dan sebagainya," kata Irwan, salah satu pengelola Islamic Center, Indramayu, Jawa Barat, Jumat.

Yang membuat Islamic Center Syekh Abdul Manan itu mirip dengan suasana Masjid Nabawi adalah pertama bentuk serta arsitektur masjid dengan kubah dan menara mirip dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah Arab Saudi.

Selain itu terdapat atap payung khas Masjid Nabawi dalam ukuran lebih kecil. Perbedaannya adalah terdapat pelataran masjid yang berlapis karpet rumput sintetis seperti di Kota Bandung.

Kedua, Shalat Tarawih di Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan itu juga sebanyak  23 rakaat dengan bacaan ayat-ayat Al Quran satu malam satu juz. , persis seperti yang dilakukan di Masjid Nabawi yang juga dikenal sebagai Masjid Rasullulah karena pertama dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.

Setelah Tarawih akan diadakan tausyiah dari ustadz ternama. Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan diresmikan pada bulan Ramadhan tahun lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diinformasikan turut singgah usai diresmikan pada Ramadhan tahun 2018. Selain masjid, juga terdapat sekolahan setingkat SD, yaitu madrasah.

Islamic Center Syekh Abdul Manan itu juga dilengkapi gedung pertemuan. Selain itu di samping masjid berjajar jajanan khas lokal dengan konsep kaki lima.

Pada saat musim arus mudik, pusat kajian Islam itu juga disediakan posko peristirahatan bagi para pemudik.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019