Jakarta (ANTARA) - KPU masih menyisakan proses rekapitulasi suara nasional Pemilu 2019 dari enam provinsi menjelang pengumuman resmi pada 22 Mei 2019. "Jawa Barat menjadi provinsi ke-27 yang menjalani proses rekapitulasi suara sampai malam tadi, Kamis (16/5)," kata petugas peliputan Humas KPU, Wawan Kadarsetiawan, di Jakarta, Jumat.

Daerah yang belum merampungkan tahapan rekapitulasi suara tingkat provinsi, di antaranya Sumatera Utara, DKI Jakarta, Maluku, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Selatan.

Ia mengatakan, mereka mengagendakan rekapitulasi suara nasional Pemilu 2019 dari Sulawesi Selatan, Jumat, mulai pukul 14.00 WIB. "Hari ini yang sudah konfirmasi untuk menjalani rekapitulasi suara Pemilu baru dari Sulawesi Selatan," katanya.

Menurut dia, Sulawesi Selatan menjadi daerah ke-28 yang menjalani rekapitulasi perolehan suara provinsi di Indonesia hingga saat ini.

Ia mencatat, dari total 34 provinsi di Indonesia, sebanyak 27 di antaranya telah merampungkan rekapitulasi suara di Kantor KPU, di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Tidak menutup kemungkinan, kata dia, akan ada daerah lain yang juga menjalani penghitungan suara berikutnya setelah Sulawesi Selatan pada hari ini. "Mungkin akan ada daerah lain yang menyusul malam nanti, tapi yang sudah jelas baru Sulawesi Selatan. Semua bergantung kesiapan daerahnya," kata dia.

Pewarta: Ade P Marboen dan Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019