Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II akan memindahkan penerbangan domestik luar jawa dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka pada 15 Juni 2019 mendatang.

“Kita cepatkan memindahkan sebagian trafik ke Bandung Insya Allah 15 Juni. Tahap pertama kita akan pindahkan trafik Kertajati dari Husein Satranegara yang diprioritaskan itu adalah penerbangan domestik luar Jawa,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Jumat.

Dia menyebutkan ada 12 destinasi domestik luar jawa yang akan dipindahkan ke Bandara Kertajati.

Untuk penerbangan internasional dan penerbangan domstik dalam Jawa, untuk sementara masih beroperasi di Bandara Husein Sastranegara.

Nantinya, penerbangan domestik dalam Jawa akan menggunakan pesawat baling-baling, seperti ATR-72 hingga hadirnya Tol Cisumdawu.

“Sampai nanti solusi terhadap aksesibilitas Tol Cisumdawu selesai, kita akan memindahkan semuanya ke Kertajati dan Husein akan tetap diposisikan sebagai basis pesawat non-jet atau propeller,” katanya.

Awaluddin menuturkan setelah menjadi operator, pemilik badan usaha bandar udara (BUBU) dan pengembang aset, pihaknya juga akan menjadi investor untuk Bandara Kertajati.

“Kita sekaligus sebagai investor dengan rencana 25 persen kepemilikan saham di Bandara Kertajati,” katanya.

Pada Juni mendatakan, ia menambahkan akan dilakukan penandatanganan kesepakatan pemegang saham.

“Dengan ini, secara resmi berarti AP II juga akan menjadi pemegang saham dan sekaligus memegang perseroan untuk PT BIJB yang sekaligus menjadi operator Bandara Kertajati,” katanya.

Baca juga: Kereta cepat diharapkan terkoneksi Bandara Kertajati

Baca juga: 6.007 jamaah haji akan berangkat ke Tanah Suci dari Bandara Kertajati


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019