Manado (ANTARA) - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebagai PIC, bersama dengan Co PIC; PT Nindya Karya, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan Perum Damri bersinergi melaksanakan Safari Ramadhan di Provinsi Sulawesi Utara  dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

"Kegiatan Safari Ramadhan ini, dalam rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tahun 2019," kata Senior Manajer Corporate Relations WIKA, PIC dari BHUN Sulawesi Utara Achmad Harris Ary Soekamto di Manado, Jumat.

Dia mengatakan dalam rangka bulan suci Bulan Ramadhan pihaknya melaksanakan “Safari Ramadan” bersama dengan masyarakat Sulawesi Utara.

Lokasi kegiatan yang berada di area Proyek Bendungan Kuwil, Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara ini, dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Utara Dr Abdul Rasyid, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara Ibu Rinny Tamuntuan, Perwakilan Camat Singkil Husien Masiaga, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri.

Dia mengatakan dan lebih dari 350 anak dari beberapa Panti Asuhan dan Pesantren di Sulut, hadir dalam Safari Ramadhan kali ini.

Rangkaian Acara Safari Ramadan yang diselenggarakan pada hari ini adalah penyerahan secara simbolis 1.000 kitab suci Al Quran, penyerahan santunan kepada 350 anak panti asuhan/pesantren yakni Al Ikhwan, Darul Istiqomah, An-Nur, Hidayatullah.

Selan itu penyerahan secara simbolis beasiswa pendidikan selama Setahun untuk 10 anak panti asuhan yang berprestasi. Selain itu penyerahan bantuan ke dua Panti Asuhan/Pesantren terkait sarana prasarana (Renovasi MCK dan Pengadaan air bersih di Kecamatan Singkil) bersamaan dengan rencana sosialisasi Anti Narkoba dari BNN

Di samping itu penyerahan secara simbolis  dari 4 BUMN ke Danrem berupa 1.500 paket bahan pokok pakan untuk masyarakat Sulut, dan esoknya tanggal 18 Mei 2019, akan dilakukan distribusi 1500 paket Bahan Pokok Pangan.

Ia menjelaskan BUMN Hadir Untuk Negeri telah menjadi program tahunan Kementerian BUMN dari tahun 2015. Tahun ini memasuki tahun ke-5 dan KBUM sangat merasakan bahwa pentingnya program ini terus dikembangkan karena membuat BUMN begitu dekat dengan seluruh lapisan masyarakat.

BHUN sendiri, katanya, bertujuan mendorong BUMN di Indonesia dapat memberikan sumbangan yang terbaik bagi negeri dan rakyat Indonesia, melalui program-program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya.

BUMN turut hadir sebagai bagian dari pembangunan Indonesia baik secara langsung maupun tak langsung.

Melalui kegiatan operasionalnya, katanya, selain dalam penggunaan inovasi dan teknologi dalam usahanya, serta mengelola sumber daya, BUMN selalu memperhatikan kelestarian lingkungan dan pastinya untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar proyek.

"BUMN, tak pernah melupakan siapa saja yang mendukung dalam usahanya," jelasnya.

Dalam setiap aksinya, katanya, BUMN juga turut membangun kesejahteraan masyarakat kecil dan menengah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Khusus PKBL, BUMN ditugaskan secara khusus untuk turut membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat menengah ke bawah baik melalui pendanaan, pelatihan-pelatihan dan pemasaran produk mitra binaan.

Melalui PKBL, katanya, BUMN juga membantu menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat antara lain jalan, jembatan, sarana pendidikan, sarana ibadah dan sejenisnya.

"BHUN adalah wujud bagaimana melayani masyarakat dengan kehadiran kami di tengah-tengah mereka, melalui program-program membangun pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan untuk masyarakat," jelasnya.
 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019