Pacific Exposition adalah pameran dagang, investasi dan pariwisata untuk negara-negara di Pasifik yang diinisiasi Indonesia dan didukung sepenuhnya Selandia Baru dan Australia.
Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 18 negara di kawasan Pasifik tercatat dipastikan akan ikut serta di Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya kepada Antara, Jumat mengatakan, negara-negara yang akan mengikuti kegiatan tersebut yaitu Australia, Caledonia Baru, Cook Islands, Federated States of Micronesia, Fiji, Kiribati, Marshall Islands, Nauru, Nieu, Palau, Papua Nugini, Samoa, Selandia Baru, Solomon Islands, Timor Leste, Tuvalu dan Indonesia.

Pacific Exposition adalah pameran dagang, investasi dan pariwisata untuk negara-negara di Pasifik yang diinisiasi Indonesia dan didukung sepenuhnya Selandia Baru dan Australia.

Penyelenggaraan acara ini akan berlangsung dari tanggal 12 sampai 14 Juli di Skycity Auckland, kata Tantowi Yahya yang dihubungi melalui telepon selulernya dari Jayapura.

Politisi dari Partai Golkar mengatakan, dalam Pacific Exposition adalah manifestasi dari keinginan RI untuk meningkatkan presensi di kawasan yang selama ini belum mendapatkan perhatian penuh.

Berbagai produk dan peluang investasi serta pariwisata dari setiap negara akan dipamerkan selama tiga hari dan diharapkan sekitar 5000 pengunjung akan hadir di Skycity.

Indonesia sendiri dalam ajang tersebut akan mengikutsertakan lima provinsi yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT.

Selain pameran, Pacific Exposition juga dilaksanakan forum bisnis berupa seminar perdagangan dan investasi yang membahas mengenai kebijakan, peluang dan insentif di masing-masing negara yang akan disampaikan oleh pejabat pemerintah dan tokoh bisnis dari negara-negara tersebut diantaranya Kepala BKPM dan Ketua Kadin dari Indonesia dan diakhiri seminar budaya Pasifik yang akan menampilkan Menteri PMK, Puan Maharani sebagai pembicara, kata Tantowi Yahya.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019