counter

Tujuh kebiasaan yang dapat merusak kulit

Tujuh kebiasaan yang dapat merusak kulit

Ilustrasi kulit wajah yang rusak (ANTARA News/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Merawat kulit dengan cara yang tidak tepat bisa membuatnya rusak hingga mengalami infeksi. Sayangnya, hal ini disebabkan karena kebiasaan kita sehari-hari yang salah.

Untuk membuat kulit terlihat bersih dan segar, mungkin Anda akan mencuci muka berkali-kali, tapi ini justru malah akan menghilangkan minyak dan kelembapan alami. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan salah yang tanpa disadari sering kita dilakukan menurut Boldsky, Sabtu.

1. Tidak menggunakan tabir surya
Sinar UV dapat menyebabkan banyak kerusakan. Jika kulit terlalu banyak terekspos tanpa perlindungan maka ada kemungkinan tinggi untuk timbulnya tanda-tanda awal penuaan, seperti kulit kecil dan pucat, kerutan dan garis-garis halus.

2. Mengabaikan dada dan leher
Saat melembabkan wajah, kita cenderung mengabaikan leher dan dada. Kita sering lupa memahami bahwa kedua area ini adalah yang pertama menunjukkan tanda-tanda penuaan.

3. Tidur dengan riasan
Lupa membersihkan wajah sebelum tidur adalah kebiasaan yang harus segera dihentikan. Kulit terpapar polusi, kotoran, debu serta minyak seharian dan ini akan menumpuk di permukaan kulit sehingga kulit sulit bernapas. Jika Anda tidka membersihkan atau mencuci wajah sebelum tidur maka akan mengundang jerawat, komedo, pori-pori tersebut dan kekeringan. Kalau Anda merasa terlalu lelah untuk mencuci wajah, pastikan selalu membersihkannya dengan tisu basah.

4. Menggunakan kuas kotor
Jarang membersihkan kuas rias secara teratur dapat membuat bakteri berkumpul sehingga menyebabkan jerawat. Setidaknya bersihkan kuas rias Anda dengan sabun lembut seminggu sekali.

5. Kurang tidur
Tidur sangat penting bagi kulit karena selama masa ini kulit akan melakukan perbaikan secara alami. Jika Anda tidak tidur nyenyak, maka kulit tidak akan mampu menyembuhkan atau memperbaiki dirinya sendiri sehingga kulit terlihat lelah dengan adanya lingkaran hitam dan kantung di bawah mata.

6. Menerapkan terlalu banyak pelembab
Menjaga wajah tetap lembab adalah hal yang baik namun jika terlalu banyak menerapkan pelembab, kulit akan kehilangan kemampuan untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang berbeda. Sebab kulit Anda akan terbiasa dengan pelembab yang digunakan. Pakailah hanya sedikit pelembab pada pagi hari dan sedikit sebelum tidur.

7. Berbagi produk riasan
Sangat menyenangkan bisa bertukar lipstik, maskara, eyeliner dan lainnya dengan teman-teman Anda, namun produk riasan akan penuh kuman. Kemungkinan besar Anda akan mengalami infeksi pada kulit, mata serta luka.



Baca juga: Tips merawat kulit agar tetap "glowing"

Baca juga: Begini tips cegah kulit kusam saat puasa menurut ahli

Baca juga: Tips atasi kulit kering saat puasa

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dua sindikat perdagangan kulit trenggiling di tangkap polisi

Komentar