counter

BPBD Kota Tangerang siagakan posko siaga banjir di tiga RW

BPBD Kota Tangerang siagakan posko siaga banjir di tiga RW

Petugas membantu evakuasi warga saat banjir di wilayah periuk Kota Tangerang

Tangerang (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang Banten menyiagakan posko siaga banjir di tiga RW terkait dampak banjir yang disebabkan luapan dari Kali Cirarab dan Kali Ledug.

Kepala BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra di Tangerang Sabtu mengatakan, pembuatan posko siaga banjir di RW 22, RW 21 dan RW 25 dalam antisipasi banjir yang terjadi secara mendadak.

BPBD pun telah menyiagakan personil yang dilengkapi dengan peralatan bantu jika dibutuhkan dalam waktu cepat. "Meski belum ada warga yang mengungsi ke posko, kita sudah siapkan segalanya," ujarnya.

Dijelaskannya, banjir yang terjadi pada hari Jumat (17/5) telah membuat sejumlah pemukiman warga dan jalan protokol terendam air dengan ketinggian 30 sentimeter hingga 50 sentimeter.

Pemukiman tersebut terletak di Total Persada dan Perum Garden City. Adapun jumlah KK yang terdampak mencapai puluhan. "Semua warga sudah dibantu untuk evakuasi," ujarnya.

Seperti diketahui, penyebab banjir di wilayah Periuk disebabkan karena aliran air di Kali Cirarab terhambat eceng gondok yang berada di bendung Sarakan Kabupaten Tangerang.

Sedangkan banjir di aliran Ledug disebabkan karena aliran yang melintas pemukiman warga, berbalik arah sebab terjadi peningkatan juga pada bagian muara di Kali Cirarab.

Untuk mengatasi banjir, Pemkot Tangerang telah membuat tanggul tambahan di Kali Ledug dan juga mengaktifkan semua pompa yang ada.

Baca juga: Tanggul Kali Ledug Tangerang ditinggikan untuk atasi banjir
Baca juga: Banjir Tangerang disebabkan aliran Kali Cirarab tersumbat eceng gondok
Baca juga: Banjir terjang ratusan hektare tambak ikan siap panen di Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mapag hujan, strategi Pemkot Bandung antisipasi banjir

Komentar