Semua jalur alternatif di Provinsi Jateng sudah siap untuk dilewati pemudik
Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek langsung kondisi jalur alternatif ruas Semarang-Magelang yang akan dilalui pemudik pada Lebaran 2019.

Dengan mengendarai sepeda motor, Ganjar mengecek jalur alternatif Semarang-Magelang melalui Kopeng, Kota Salatiga,
Sabtu. 

Rombongan mulai bergerak dari rumah dinas Gubernur Jateng pada pukul 14.30 WIB melewati Semarang-Kabupaten Semarang, Salatiga-Kopeng hingga tembus Magelang pada pukul 16.00 WIB.

Ganjar menilai kondisi jalur alternatif yang memang disiapkan bagi para pemudik itu cukup bagus, meskipun memang masih ada perbaikan kecil di sejumlah titik, namun sudah siap dilalui pemudik.

Pada jalur alternatif tersebut, kata Ganjar, sudah dipasang sejumlah rambu dan lampu penerangan juga cukup, termasuk pemasangan lampu "mata kucing" juga dilakukan di jalur-jalur darurat.

"Sudah bagus, semoga bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk menjadi alternatif jika terjadi kemacetan di jalur utama," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ganjar menegaskan bahwa semua jalur alternatif di Provinsi Jateng sudah siap untuk dilewati pemudik dan sudah memerintahkan bupati/wali kota yang daerahnya ada jalur alternatif untuk melakukan percepatan perbaikan atau persiapan.

"Apabila ada lubang-lubang kecil, saya perintahkan ditambal dulu. Kalau ada jalan yang melintas di daerah darurat dan membutuhkan penerangan, saya perintahkan dipasang penerangan portabel," katanya.

Tidak hanya jalur alternatif, para pemerintah daerah juga diminta mengantisipasi titik-titik kemacetan jalan seperti jumlah tikungan, pasar tumpah, antrean di SPBU yang harus diatur untuk menghindari penumpukan kendaraan.

"Selain itu, sejumlah pintu-pintu keluar tol juga harus mendapat perhatian, mengingat dengan adanya tol ini, diprediksikan mayoritas pemudik akan menggunakan jalur tol itu," ujarnya.

Baca juga: Jalur alternatif pesisir pantai selatan Jawa dari Cilacap lebih nyaman
Baca juga: Perbaikan jalur mudik di Karawang ditargetkan rampung H-10

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019