Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund cuma berakhir menjadi runner-up Liga Jerman 2018/2019 meski meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah Borussia Moenchengladbach dalam laga pamungkas di Stadion Borussia Park, Jerman, Sabtu.

Tim besutan Lucien Favre itu menutup musim dengan perolehan 76 poin, masih terpaut dua poin dari Bayern Muenchen (78) yang memastikan menjadi juara usai menang telak di laga lain, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Seperti halnya Liverpool di Liga Inggris, Dortmund juga membuang percuma keunggulan yang mereka miliki hingga paruh awal musim atas Muenchen dan membiarkan gelar juara tergelincir dari genggaman tangan mereka.

Sementara Muenchen di laga lain cuma butuh empat menit untuk membuka keunggulan atas lawannya, Dortmund harus menunggu hingga menit ke-44 untuk mengungguli Gladbach.

Jadon Sancho melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti ke sudut kanan atas gawang yang sempat disapu pemain Gladbach, namun VAR memastikan bola sudah melewati garis gawang.

Delapan menit memasuki babak kedua, Dortmund menggandakan keunggulan mereka lewat sontekan jarak dekat Marco Reus menyambut umpan Christian Pulisic.

Assist tersebut dipastikan jadi kontribusi pamungkas Pulisic bagi Dortmund, mengingat musim depan ia akan berseragam klub Inggris, Chelsea.

Skor 2-0 berhasil dipertahankan oleh Dortmund, namun tak ada perayaan berlebihan lantaran kemenangan itu tak mampu mencegah dominasi Muenchen menjuarai Liga Jerman selama tujuh musim beruntun.

Sedangkan bagi Gladbach kekalahan itu membuat mereka berakhir di urutan kelima klasemen dengan koleksi 55 poin dan kehilangan kesempatan main di Liga Champions karena Bayer Leverkusen (58) memetik kemenangan di laga lain untuk memastikan peringkat keempat.

Baca juga: Muenchen pastikan gelar juara Liga Jerman usai cukur Frankfurt 5-1

Susunan pemain:

Borussia Moenchengladbach (4-3-3): Yann Sommer; Louis Beyer, Matthias Ginter, Nico Elvedi, Oscar Wendt; Denis Zakaria, Christoph Kramer (Tobias Strobl), Jonas Hofmann; Ibrahima Traore (Alassane Plea), Josip Drmic, Thorgan Hazard (Patrick Herrmann)
Pelatih: Dieter Hecking

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki; Lukasz Piszczek, Julian Weigl, Manuel Akanji, Raphael Guerreiro; Axel Witsel, Thomas Delaney; Jadon Sancho (Mahmoud Dahoud), Marco Reus (Marcel Schmelzer), Christian Pulisic; Mario Goetze (Paco Alcacer)
Pelatih: Lucien Favre

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019