counter

Liga Jerman

Ringkasan Liga Jerman 2018/2019

Ringkasan Liga Jerman 2018/2019

Sayap Bayern Muenchen Arjen Robben (kanan) menuangkan bir ke kepala pelatihnya Niko Kovac seusai memastikan sebagai juara Liga Jerman 2018/2019 berbekal kemenangan 5-1 atas Eintracht Frankfurt dalam laga pamungkas di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Sabtu (18/5/2019). (ANTARA/REUTERS/Andreas Gebert)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen menutup Liga Jerman 2018/2019 dengan meraih trofi juara ke-29 mereka sepanjang masa.

Muenchen ke fase grup Liga Champions musim depan didampingi Borussia Dortmund, RB Leipzig dan Bayer Leverkusen, yang pada pekan pamungkas berhasil memastikan satu tiket terakhir.

Leverkusen diuntungkan lantaran dua pesaingnya, Eintracht Frankfurt dan Borussia Moenchengladbach jadi lawan Muenchen dan Dortmund di pekan pamungkas.

Leverkusen yang menang telak 5-1 atas Hertha Berlin menyodok ke peringkat keempat menggeser Gladbach turun di urutan kelima.

Gladbach "hanya" memperoleh tiket fase grup Liga Europa musim depan didampingi VfL Wolfsburg yang menutup musim dengan kemenangan telak 8-1 melawan FC Augsburg demi melompat ke urutan keenam.

Frankfurt, yang berakhir di urutan ketujuh akan memulai dari putaran kedua kualifikasi Liga Europa musim depan.

Sementara itu, Hannover 96 dan FC Nuernberg yang berakhir di urutan ke-17 dan ke-18 klasemen musim depan akan turun kasta ke divisi dua Bundesliga.

Satu dari dua tempat yang kosong sudah dipastikan menjadi milik FC Cologne yang sudah menjuarai divisi dua. Satu lainnya masih diperebutkan antara SC Paderborn maupun Union Berlin yang cuma punya selisih satu poin jelang pekan pamungkas liga tersebut pada Minggu (19/5).

Jika salah satu dari keduanya gagal meraih satu tiket promosi langsung, akan berkesempatan tetap promosi lewat fase playoff menghadapi VfB Stuttgart yang berakhir di urutan ke-16 kasta tertinggi musim ini.

Sementara itu, penyerang Muenchen Robert Lewandowski mempertahankan trofi meriam pertanda pencetak gol terbanyak Liga Jerman musim ini dengan koleksi 22 gol.

Baca juga: Daftar juara Liga Jerman

Baca juga: Klasemen akhir Liga Jerman, Muenchen raih gelar ke-29

Baca juga: Lewandowski pertahankan gelar top skor dua musim beruntun


Berikut ringkasan hasil Liga Jerman musim 2018/2019:

Juara: Bayern Muenchen
Liga Champions: Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig, Bayer Leverkusen
Liga Europa: Borussia Moenchengladbach, VfL Wolfsburg (fase grup); Eintracht Frankfurt (putaran kedua kualifikasi)
Degradasi: Hannover 96, FC Nuernberg
Playoff promosi-degradasi: VfB Stuttgart (peringkat 16 Bundesliga), SC Paderborn/Union Berlin
Promosi: FC Cologne, SC Paderborn/Union Berlin
Top skor: Robert Lewandowski (22 gol)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar