Masjid sebagai objek foto sudah kami tentukan sebanyak 7 lokasi di Kota Banjarmasin dan Kota Martapura
Banjarmasin (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar lomba foto bertajuk "Pesona Ramadhan di Banua Religius" yang berhadiah Rp10 juta untuk juara pertama.

Ketua PWI Provinsi Kalsel, Zainal Helmie, Ahad, di Banjarmasin, menjelaskan bahwa lomba foto kali ini memang untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan, di mana objek foto pun lebih pada aktivitas di masjid yang jadi khas orang Banjar selama bulan puasa.

"Masjid sebagai objek foto sudah kami tentukan sebanyak 7 lokasi di Kota Banjarmasin dan Kota Martapura," katanya.

Adapun masjid yang di Kota Banjarmasin, yakni Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Jami Sungai Jingah, Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Noor Banjarmasin.

Sedangkan di wilayah Martapura Masjid Al Karamah Martapura, Langgar Ar Raudhah Sekumpul dan Masjid Syech Muhammad Arsyad Al Banjari Pelampaian.

Pemilihan masjid-masjid tersebut lantaran terdapat kekhasan syiar Islami di Banua, julukan untuk Kalsel.

Selain itu, masjid memiliki nilai historis yang kuat terhadap perkembangan Islam di tengah masyarakat.

"Jadi selain keindahan pada bangunan masjid, foto harus bisa menggambarkan aktivitas jamaah di saat puasa," katanya.

Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal tiga buah karya foto yang dijepret pada tanggal 18 sampai 20 Mei 2019. Namun hanya berhak atas satu gelar juara.

Foto paling lambat diterima panitia pada Selasa (21/5) pukul 12.00 WITA di Sekretariat Gedung Wartawan (PWI Kalsel) di Banjarmasin.

"Kami berterima kasih kepada Gubernur Kalsel Paman Birin atas dukungannya berupa hadiah uang mencapai Rp 36 juta lebih," katanya.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor populer dengan julukan Paman Birin.

Untuk pemenang lomba foto itu,  rinciannya, juara 1 Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta, juara 3 Rp5 juta dan juara harapan 1 sampai harapan 7 Rp2 juta, demikian Zainal Helmie.

Baca juga: Kuliner Banjar warnai Pasar Wadai Ramadhan

Baca juga: Pemprov Kalsel gelar pasar murah dan sunatan massal

Pewarta: Firman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019