Jakarta (ANTARA) - Emilia Clarke mengucapkan selamat tinggal pada serial "Game of Thrones" dan karakternya Daenerys Targaryen lewat Instagram.

"Mencari kata-kata untuk menulis unggahan ini membuat saya menyadari betapa banyak yang ingin saya katakan namun hanya sedikit kata yang bisa mewakili acara ini dan arti Dany buatku," tulis Clarke dalam unggahan foto para pemain dalam kostum, termasuk Kit Harington (Jon Snow), Sophie Turner (Sansa Stark) dan Maisie Williams (Arya Stark).

Clarke, yang berperan sebagai Mother of Dragons di serial HBO itu sejak 2011, mengatakan bahwa karakter Daenerys telah "memenuhi kehidupan dewasaku", seperti dilansir USA Today.

"Perempuan ini telah memenuhi seluruh hatiku," tulis dia. "Aku berkeringat dalam kobaran api naga, meneteskan banyak air mata pada mereka yang tewas lebih awal, dan memutar otakku untuk mencoba melakukan Khaleesi dan kata-kata hebat, aksi (dan nama) yang luar biasa yang diberikan padaku."

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Finding the words to write this post has left me overwhelmed with how much I want to say but how small words feel in comparison to what this show and Dany have meant to me. The mother of dragons chapter has taken up the whole of my adult life. This woman has taken up the whole of my heart. I’ve sweated in the blaze of dragon fire, shed many tears at those who left our family early, and wrung my brain dry trying to do Khaleesi and the masterful words, actions (and names) I was given, justice. Game of Thrones has shaped me as a woman, as an actor and as a human being. I just wish my darling dad was here now to see how far we’ve flown. But to you, dear kind magical fans, I owe you so much thanks, for your steady gaze at what we’ve made and what I’ve done with a character that was already in the hearts of many before I slipped on the platinum wig of dreams. Without you there is no us. And now our watch has ended. @gameofthrones @hbo #love #motherofdragonsoverandout

A post shared by @ emilia_clarke on


"Game of Thrones membentukku sebagai perempuan, sebagai aktor dan manusia," tulis Clarke.

"Saya hanya berharap ayahku ada di sini untuk melihat seberapa jauh kami terbang."

Aktris Inggris itu mengatakan para penggemar dari serial itu "luar biasa", berterima kasih pada jutaan penonton yang setia menikmati apa yang mereka buat dan apa yang telah ia lakukan bersama karakter yang dicintai banyak orang.

"Tanpa kalian, kami takkan ada."

Sophie Turner juga mengucapkan selamat tinggal pada karakternya melalui akun Instagram. Ia mengatakan bahwa Sansa Stark, karakter yang ia perankan, telah mengajarkannya keteguhan, keberanian dan kekuatan yang sebenarnya.

"Terima kasih untuk mengajarkan aku untuk menjadi baik hati dan sabar dan memimpin dengan cinta. Saya bertumbuh bersamamu."

Baca juga: "Game of Thrones" terbaru, semua berpeluang jadi pemenang
 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019