Kegiatan itu diikuti 90 peserta yang terdiri dari 16 UKM produk fashion dan apparel/pelengkap, 14 UKM makanan dan minuman, serta 60 usaha besar atau pabrikan dengan berbagai produk kebutuhan sehari-hari.
Jakarta (ANTARA) -
Menkop hadirkan Kampung Ramadhan di Jakarta (Dok. Kemenkop)
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga menghadirkan Kampung Ramadhan 1440 Hijriah di halaman depan kantor Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, Senin.

Pada peresmian Kampung Ramadhan 2019 yang dilakukan oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Victoria br Simanungkalit mengatakan bahwa acara itu dilakukan secara rutin tahunan yang diharapkan dapat menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan belanja menjelang lebaran, baik bagi karyawan dan masyarakat sekitar yang tinggal di dekat kantor Kementerian Koperasi dan UKM.

“Acara ini sekaligus menjadi sarana bagi produsen untuk mempromosikan produknya,” katanya.

Tahun ini Kampung Ramadhan dilaksanakan selama dua hari, pada 20-21 Mei 2019 di lobi dan area parkir depan kantor Kementerian Koperasi dan UKM, dan berlangsung mulai pukul 08.00-15.00 Wib.

Dalam sambutannya, Victoria menjelaskan kegiatan itu diikuti 90 peserta yang terdiri dari 16 UKM produk fashion dan apparel/pelengkap, 14 UKM makanan dan minuman, serta 60 usaha besar atau pabrikan dengan berbagai produk kebutuhan sehari-hari.

"Selain bazaar juga tersedia klinik konsultasi terkait pendaftaran HKI/merk, ISO, dan HACCP, serta klinik/ sosialisasi konsultasi Toko Online Korpri, yang dapat di manfaatkan oleh para karyawan/karyawati maupun UKM,” kata Victoria.

Victoria menambahkan, kegiatan Kampung Ramadhan ini juga disinergikan dengan kegiatan Korpri dan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM.

Beberapa kegiatan sinergi dalam bentuk penyerahan santunan dan pemberian paket sembako kepada anak-anak keluarga kementerian dan sekitar kantor.

Beberapa pemangku kepentingan yang terlibat di antaranya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bulog, hingga sponsor perusahan antara lain PT Khong Guan Biscuit Factory, PT Milko Beverage Industry, PT Faretina Ayam Brand, PT Diamondfair Ritel Indonesia, PT Yupi Indo Jelly Gum, PT Fastrata Buana, PT Javaindo Maju Sejahtera, dan PT Garuda Food.

Tak hanya itu, dalam ajang Kampung Ramadhan ini Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM juga memberikan perhatian khusus bagi anak yatim dengan memberikan santunan berupa perlengkapan alat sekolah dan alat ibadah.

"Bulog juga menyumbangkan 300 paket sembako dan Baznas yang memberikan santunan bagi 200 orang,” kata Victoria.
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019