Jambi, Provinsi Jambi (ANTARA) - Sebanyak 575 prajurit Korem 042/Garuda Putih mengikuti gelar apel siaga di Markas Korem 042/Garuda Putih, di Jambi, Provinsi Jambi, mengantisipasi perkembangan situasi sebelum, selama, dan setelah penetapan hasil Pileg dan Pilpres oleh KPU Pusat pada Rabu, 22 Mei 2019.

Komandan Korem 042/Garuda Putih, Kolonel Arh Elphis Rudy, di Jambi, Senin, mengatakan, apel siaga ini atas perintah dari komando atas. Mereka kemudian menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar perintah itu bisa dilaksanakan secara baik, sebagai antisipasi situasi atas penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU Pusat.

"Selaku prajurit kami wajib menunaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan prajurit harus siap mengantisipasi setiap perkembangan penetapan hasil penghitungan KPU Pusat. Mulai 20 Mei 2019 kami juga akan berpatroli gabungan dengan polisi setempat," kata dia.

Siaga ini dilaksanakan seluruh satuan jajaran Korem 042/Garuda Putih untuk memantau situasi di Provinsi Jambi, khususnya rencana pengerahan atau mobilisasi massa menuju ke ibukota daerah maupun ibukota negara.

Ia tegaskan, mereka tetap menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan tahapan pemilu yang sedang berlangsung dengan memegang teguh Pancasila, Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit.

Sementara itu Kepala Seksi Operasi Korem 042/Garuda Putih, Letnan Kolonel Infantri Yudha Nugraha, mengatakan, jajaran Korem 042/Garuda Putih sudah disiagakan sejak Jum'at, 17 Mei 2019.

Khusus untuk Batalion Infantri Raiders 142/KJ, kata dia, dalam waktu 1x24 jam harus dapat digerakkan dengan kekuatan satu SSK.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019