counter

BI buka layanan penukaran uang di Boyolali

BI buka layanan penukaran uang di Boyolali

Sejumlah masyarakat melakukan antrean layanan penukaran uang baru recehan di mobil kas keliling milik BRI di halaman Sekda Kabupaten Boyolali, Senin. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Kami melayani sekitar 600 orang, jadi satu bank menyiapkan 100 paket yang maksimal penukaran Rp4,4 juta per orang
Boyolali (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Surakarta mengandeng lima perbankan membuka pelayanan kas keliling menyediakan penukaran uang baru recehan di halaman Sekda Kabupaten Boyolali, Senin.

Menurut Asisten Manajer KPw BI Surakarta Andi Rahmat pelayanan penukaran uang baru recehan tersebut dengan menggunakan mobil kas keliling dengan mengajak lima perbankan yakni Bank Jateng Cabang Boyolali, BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BPR Guna Daya Boyolali.

Andi Rahmat mengatakan Kantor Perwakilan BI Surakarta menyiapkan uang pecahan kecil dari Rp20 ribu hingga Rp2.000, tetapi penukaran untuk tanggal 20 Mei ini, dipusatkan di kantor Pemkab Boyolali.

"Kami melayani sekitar 600 orang, jadi satu bank menyiapkan 100 paket yang maksimal penukaran Rp4,4 juta per orang," katanya.

Menurut dia, nilai estimasi kebutuhan uang baru menjelang Lebaran tahun ini, mengalami kenaikan dibanding pada 2018 senilai sekitar tiga persen. Pada 2018 berkisar di Rp5,2 triliun, tahun ini meningkat menjadi Rp5,4 triliun.

"Kami pada 2018 menyiapkan Rp5,2 triliun, tahun ini naik sekitar tiga persen menjadi Rp5,4 triliun. Untuk masyarakat yang membutuhkan uang baru pecahan kecil untuk Lebaran bisa ke titik-titik penukaran yang ada di Boyolali pada hari Selasa dan Kamis sampai tanggal 28 Mei mendatang," katanya.

Kendati demikian, BI Surakarta mengimbau dengan banyak loket-loket penukaran yang disediakan supaya masyarakat dalam menukarkan uangnya di loket atau bank yang ditunjuk, dan jangan menukar di pinggir jalan.

Masyarakat yang mendapat pelayanan penukaran uang baru recehan hanya menunjukkan identitas kartu tanda penduduk (KTP) sebagai bukti agar sesuai dengan identitas penukar.

Masyarakat secara prinsip jumlah uang yang ditukar tidak dibatasi, akan tetapi supaya rata BI Surakarta menetapkan maksimal Rp4,4 juta untuk satu orang. Apabila nanti dirasakan kurang, masyarakat bisa menukarkan di Benteng Vastenburg, Solo pada 27 – 29 Mei mendatang.

Yuan Widiastuti salah stau warga Boyolali mengaku cukup terbantu dengan layanan penukaran uang tersebut. Dengan layanan penukaran uang itu, pihaknya tidak perlu repot menukar di bank yang jaraknya cukup jauh.

"Layanan penukaran uang oleh BI cukup membantu masyarakat Boyolali," katanya. 
 

BI Jember tertibkan penukaran uang ilegal

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar