counter

Metropolitan

Dinkes DKI siapkan posko kesehatan saat arus mudik

Dinkes DKI siapkan posko kesehatan saat arus mudik

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti (tengah) di Jakarta, Senin (20/5/2019), menjelaskan akan ada posko kesehatan yang didirikan di terminal, stasiun dan tempat wisata di Kota Jakarta saat musim lebaran 2019. (ANTARA News/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berencana menyiapkan sejumlah posko kesehatan yang ditempatkan pada beberapa titik lokasi di Jakarta saat arus mudik.

“Tempat-tempat yang menjadi konsentrasi kita adalah terminal bus, stasiun dan beberapa tempat wisata,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin.

Baca juga: Dinkes DKI tempatkan tim kesehatan di 25 titik jelang 22 Mei

Widyastuti menjelaskan akan ada empat terminal utama dan tujuh terminal bantuan yang menjadi sasaran didirikannya posko kesehatan, yaitu untuk daerah Jakarta Barat ada di Kalideres, Jakarta Utara di Tanjung Priok serta untuk kawasan Jakarta Timur di Pulo Gebang dan Kampung Rambutan.

“Terminal bantuan ada di Muara Angke, Grogol, Lebak Bulus, Rawamangun, Pinang Ranti, Blok M dan Kemayoran,” katanya.

Selain itu, stasiun yang menjadi target Dinas Kesehatan DKI untuk mendirikan posko kesehatan serta tim kesehatan adalah stasiun kereta api Kota Jakarta Barat, Gambir, Senen, Manggarai dan Jatinegara.

“Ini sudah rutin kita lakukan setiap tahun,” ujarnya.

Baca juga: Dinkes DKI siap bantu tangani caleg stres

Sedangkan lokasi wisata yang menjadi pilihan merupakan tempat wisata yang strategis, umum dan ramai dikunjungi setiap tahun seperti Ragunan, Monas, Kota Tua dan Taman Mini.

Widyastuti mengatakan bahwa posko kesehatan di berbagai lokasi tersebut akan mulai beroperasi dan disiagakan sejak h-7 lebaran hingga h+7 lebaran.

“Ya mulai 29 Mei sampai 10 Juni lah kira-kira,” katanya.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika ada masyarakat yang sakit ketika melakukan mudik ke kampung halaman.

“Pelayanan kesehatan menerima apabila ada pemudik yang sakit kita obati, siap siaga tinggal datang saja ke posko kesehatan yang tersedia karena jam operasionalnya 24 Jam dengan satu tim 1 dokter dua perawat,” katanya.

Pewarta: Sri Muryono dan Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jelang Idul Adha, perajin patung sapi kebanjiran order

Komentar