Johannesburg, Afrika Selatan (ANTARA) - Sedikitnya 30 orang dikhawatirkan tewas setelah satu kapal yang mengangkut pemain sepak bola dan penggemarnya terbalik di Danau Albert di Uganda Barat, Ahad (19/5). Menurut surat kabar Uganda, Daily Monitor Newspaper, kapal tersebut tenggelam 300 meter setelah berlayar dari dermaga Fofo di Kabupaten Hoima.

Perahu itu dilaporkan mengangkut 50 orang dari satu pertandingan sepak bola di lokasi pertandingan di wilayah tetangga, Runga, kata Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin malam.

Seorang tokoh masyarakat di daerah tersebut, Godfrey Komakech, mengatakan dua-puluh orang sejauh ini telah diselamatkan. "Kami menyelamatkan 10 orang seketika. Ketika kami meningkatkan pencarian, kami menyelamatkan 10 orang lagi," katanya.

Komakech menambahkan para penyintas dibawa ke beberapa pusat perawatan kesehatan di kabupaten tersebut untuk diobati.

Juru Bicara Polisi Regional Julius Hakiza mengatakan polisi telah bekerjasama dengan masyarakat nelayan untuk mencari penyintas lain dan juga menemukan mayat dari danau itu.

Beberapa saksi mata mengatakan cuaca buruk dan kelebihan penumpang diduga sebagai penyebab kecelakaan tersebut.

Kecelakaan kapal telah sering terjadi di negara Afrika Timur yang tidak memiliki pantai itu.

Pada November lalu, sedikitnya 30 orang tewas ketika satu perahu yang mengangkut penumpang di kapal pesiar untuk libur akhir pekan terbalik di Danau Victoria.

Lebih dari 200 orang juga meninggal pada September, ketika satu feri Tanzania tenggelam di Danau Victoria. Tiga negara Afrika Timur --Uganda, Kenya dan Tanzania-- berbagi Danau Victoria.

Sumber: Anadolu Agency
 

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Eliswan Azly
Copyright © ANTARA 2019