Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Pertemuan Tahunan Tingkat Tinggi Gubernur dan Wali Kota Urban-20 (U20) dan sebagai pembicara pada pertemuan Urban 20 (U20) Mayors Summit sekaligus menghadiri perayaan 20 tahun Sister City antara Jakarta dan Tokyo di Tokyo, Jepang.

Anies mengatakan, pertemuan U20 ini sangat penting sebab merupakan platform diskusi dari kota-kota peserta G20.

“Pemimpin dari kota-kota global hadir. Jakarta juga berpartisipasi untuk terus menunjukkan, kami siap menjadi salah satu kota global di kawasan Asia,” kata Anies dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Rangkaian acara U20 yang di Tokyo dimulai Senin 20 Mei 2019. Anies terjadwal menjadi pembicara dalam tiga acara yang berbeda pada tanggal 20 Mei dan menjadi panelis dalam sesi pertama tentang Climate Action pada tanggal 21 Mei 2019. Setelah selesai berbicara, dia dijadwalkan akan langsung kembali ke Jakarta.

Dalam sesi tersebut, Gubernur akan memaparkan rencana aksi Kota Jakarta dalam menurunkan emisi gas rumah kaca dengan melibatkan partisipasi masyarakat, seperti Program Kampung Iklim, bank sampah, pertanian kota, dan pemberdayaan ibu rumah tangga.

Dalam rangkaian pertemuan ini, Anies akan dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Pertanahanan, Infrastruktur, Perhubungan, dan Pariwisata, Wakil Presiden JICA, Sekretaris Jenderal UCLG World, C40 Ambassador dan perwakilan IFC.

Salah satu agenda penting dalam kunjungan ini adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) di fase kedua.

U20 merupakan platform diskusi di antara para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin G20 tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan.

Tiga topik utama dalam pembahasan agenda U20 adalah climate action, social inclusion and integration, serta sustainable economic growth.

Hasil dari inisiatif U20 adalah Communique, yaitu rekomendasi konkret kepada pemimpin G20 tentang bagaimana U20 dapat mendukung kota mengimplementasikan agenda prioritas U20.

Dalam pertemuan bergengsi ini, para pemimpin kota secara simbolis akan menyerahkan Communique kepada Perdana Menteri Shinzo Abe selaku Ketua (Chair) dan tuan rumah penyelenggaraan G20 Tahun 2019.

Selain menghadiri U20 Mayors Summit, kunjungan Gubernur ke Tokyo juga untuk merayakan Hubungan Persahabatan Kota Ke-20 antara Tokyo dan Jakarta yang telah terjalin sejak 1989.

Seusai menghadiri pertemuan U20 dan Pemerintah Kota Tokyo, Gubernur akan langsung menuju Jakarta, Selasa.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019