Jakarta (ANTARA) - Tunjangan hari raya (THR) boleh jadi adalah sebuah harapan bagi para pekerja memasuki pertengahan Ramadhan menyusul sejumlah kebutuhan yang sudah direncanakan.

Sebagian besar para pekerja mungkin memiliki daftar barang maupun hal yang mereka inginkan sebelum menerima tunjangan hari raya (THR) itu.

Namun sebelum menyesal, Anda perlu mengingat untuk bijak memanfaatkan THR demi bisa mencukupi kebutuhan ataupun memenuhi harapan Anda.

Alangkah bijaknya jika Anda dapat membedakan barang ataupun hal yang inginkan dan barang atau hal yang dibutuhkan.

Berikut tips dari ShopBack agar THR dapat memenuhi harapan Anda untuk berbelanja jelang Lebaran,

Baca juga: Menaker minta pekerja yang tidak dapat THR lapor ke Posko THR

1. Alokasikan dengan bijak

Sebagian besar karyawan di Indonesia akan menerima THR dalam durasi berdekatan dengan penerimaan gaji bulanan pada 2019.

Sebelum menerima dua pemasukkan itu, sebaiknya Anda mulai membuat alokasi dana yang akan digunakan untuk lebaran. Berapa persen dari gaji dan THR yang akan Anda dapatkan untuk membeli kebutuhan untuk lebaran, dan berapa persen yang akan ditabung.

Pembayaran zakat sesuai dengan ketentuan ataupun berdonasi adalah hal yang paling utama agar THR yang Anda terima lebih berkah.

2. Berdonasi dan berzakat

Agar THR Anda menjadi berkah, gunakan sebagian dari pendapatan yang Anda dapatkan untuk berdonasi. Sejumlah lembaga atau yayasan dapat Anda manfaatkan untuk berdonasi, mulai dari platform offline hingga platform online.

Berdonasi melalui platform online mulai marak dilakukan generasi milenial di Indonesia.

Hasil survei online ShopBack yang melibatkan lebih dari 6.500 responden di lima kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan) menunjukkan lebih dari setengah responden atau sekitar 57 persen mengaku akan berdonasi melalui platform online pada Ramadhan 2019.

Baca juga: Menaker buka posko pengaduan THR

3. Manfaatkan promo dari ritel dan e-commerce

Jika Anda masih memiliki daftar barang yang harus dibeli untuk Lebaran tapi enggan mengeluarkan jatah THR yang banyak untuk belanja, coba manfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh ritel dan platform e-commerce.

Pada Ramadhan, platform e-commerce menawarkan beragam promo potongan harga yang menarik, salah satunya Shopback yang memberikan cashback hingga lima kali lipat.

4. Modifikasi Perlengkapan Lebaran tahun lalu

Lebaran tidak harus menggunakan baju atau barang-barang baru. Anda masih bisa tampil modis dengan memanfaatkan baju Lebaran sebelumnya.

Agar terlihat beda, Anda bisa memadankan dengan aksesoris-aksesoris unik yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Selain baju, Anda juga bisa bisa memodifikasi stoples kue dengan menambahkan aksen pita atau pernak-pernik lainnya agar terlihat baru. Anda pun lebih berhemat dan THR tidak berkurang terlalu banyak.

5. Investasi

Agar menghindari sifat impulsif saat menerima THR serta menjaga agar bonus tersebut tetap utuh, cobalah untuk berinvestasi dengan skala kecil. Misalnya dengan melakukan investasi emas atau buka tabungan deposito dari sebagian bonus THR yang diterima.

Investasi emas, merupakan investasi jangka panjang yang menjanjikan karena harga emas selalu mengalami kenaikan dari masa ke masa.

Baca juga: Hukum menerima THR dari non-muslim

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019