counter

PetaBencana.id BNPB raih penghargaan dari PBB

PetaBencana.id BNPB raih penghargaan dari PBB

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho pada konferensi pers terkait penanganan bencana di Jakarta, Jumat (29/3/2019) (ANTARA/Desi Purnamawati)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan portal PetaBencana.id meraih penghargaan Sektor Publik PBB (UNPSA).

"BNPB, melalui PetaBencana.id dinobatkan sebagai salah satu pemenang UNPSA 2019 kategori 'pemastian pendekatan yang terpadu di dalam lembaga sektor publik'," kata Sutopo melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

PetaBencana.id merupakan portal yang memanfaatkan kekuatan media sosial untuk mengumpulkan memilah dan menampilkan informasi banjir secara waktu nyata atau langsung.

Sejak diluncurkan pada Desember 2015, platform digital tersebut sudah diakses lebih dari 737 ribu kali oleh lebih dari 361 ribu pengguna.

"UNPSA merupakan penghargaan yang pengiriman wakilnya secara satu pintu melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, BNPB ditunjuk untuk mengirimkan PetaBencana.id pada UNPSA 2019. Peserta dari Indonesia bukan hanya perwakilan dari kementerian/lembaga, tetapi lebih banyak pemerintah daerah.

"Pengiriman untuk menjadi peserta UNPSA 2019 sudah dilakukan sejak November 2018 dan baru diumumkan hari ini," jelasnya.

Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB yang dipimpin Sutopo merupakan satuan kerja yang menjadi pengelola PetaBencana.id.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Almarhum Sutopo Purwo Nugroho akan dimakamkan di Boyolali

Komentar