Jakarta (ANTARA) - Massa pengunjuk rasa aksi protes damai yang menuntut pengusutan dugaan kecurangan pada Pemilu 2019 terus berdatangan di depan Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Selasa sore.

Massa tersebut datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Jember, hingga Pulau Kalimantan, Sumatera dan Papua.

Sebelumnya, sebagian dari massa tersebut terlebih dahulu berorasi di sekitar Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Selanjutnya, mereka berjalan menuju Gedung Bawaslu RI.

Rencananya mereka akan bertahan di sekitar Gedung Bawaslu RI hingga malam hari sampai tuntutan mereka dikabulkan, yaitu pihak Bawaslu RI bersedia mengusut secara tuntas dugaan adanya pelanggaran dan kecurangan pada Pemilu 2019.

Sementara itu, aparat keamanan berjaga-jaga di sekitar kantor Bawaslu RI. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) beserta TNI dan aparat gabungan lainnya memperketat pengamanan di Gedung Bawaslu RI dengan memasang barikade kawat berduri di sepanjang Jalan MH Thamrin.

Sejumlah kendaraan taktis seperti mobil security barier, mobil pengurai massa (raisa), mobil water canon dan mobil barracuda turut bersiaga di depan dan samping Gedung Bawaslu.

Jika sebelumnya hanya arah lalu lintas dari Bundaran HI menuju Monas yang ditutup, sekarang arah sebaliknya turut ditutup.

Pewarta: Sri Muryono dan Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019