counter

TNI-TDM sepakat amankan perbatasan Kalimantan

TNI-TDM sepakat amankan perbatasan Kalimantan

Suasana pertemuan UCM antara TNI dan TDM di Malaysia, Jumat. (17/5/2019). (Ist)

Samarinda (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) sepakat melakukan kerja sama demi untuk mengamankan kawasan perbatasan kedua negara di wilayah Kalimantan, yakni dengan cara melakukan patroli secara bersama.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari penyelenggaraan Unit Commander Meeting (UCM) antara Indonesia dan Malaysia karena kita bertetangga, sehingga ada kawasan perbatasan yang harus dijaga," ujar Danrem 091/Aji Surya Natakusuma (ASN) Brigjen TNI Widi Prasetijono di Samarinda, Selasa.

Melalui keterangan yang disampaikan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy, dijelaskan bahwa kesepakatan ini dilakukan melalui Unit Commander Meeting (UCM) antara Delegasi Korem 091/ASN Samarinda, Kalimantan Timur, dengan 5 Briged Malaysia bertempat di Markas 5 Briged Kem Lok Kawi di Kota Kinabalu, Malaysia, Jumat (17/5).

Ia menuturkan bahwa kegiatan UCM merupakan tindak lanjut dari kerja sama TNI dan TDM yang menjadi program tahunan dengan lokasi giat atau tuan rumah secara bergantian, sedangkan dalam UCM 2019, Malaysia sebagai tuan rumah.

Dalam giat tersebut ada beberapa hal yang dibahas bersama, antara lain tentang jajaran patok di perbatasan baik perbatasan darat maupun perairan, sehingga dua negara akan lebih erat dengan melakukan patroli perbatasan bersama demi kondisi perbatasan yang kondusif.

Indonesia, lanjut Kasrem, memiliki sejumlah pos perbatasan negara, begitu pula dengan Malaysia. Sementara hasil pembahasan dalam pertemuan dan koordinasi di Kota Kinabalu Malaysia lalu, selain sepakat menjaga perbatasan bersama juga dibahas mengenai sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama antara TNI dengan TDM.

"Selain patroli bersama atau patroli terkoordinasi, hal lain yang bisa dilakukan bersama antarprajurit perbatasan antara lain olah raga bersama, maupun kegiatan lain yang dapat dilakukan antara TNI dan TDM di kawasan perbatasan," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa patroli bersama ini memiliki berbagai keuntungan bagi kedua negara, antara lain dapat mencegah berbagai kegiatan ilegal serta bentuk kejahatan lainnya seperti narkoba dan penyelundupan lainnya. 

Baca juga: Aparat di perbatasan Nunukan rutin gelar patroli "pelangi"
Baca juga: TNI-TDRM patroli patok perbatasan Indonesia-Malaysia
Baca juga: RI, Malaysia Tingkatkan Patroli di Perbatasan

 

Panglima TNI dan Kapolri apresiasi kesigapan personil TNI-Polri

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar