counter

Pemkab Sidoarjo gelar pasar murah tekan harga sembako

Pemkab Sidoarjo gelar pasar murah tekan harga sembako

Warga mengantre membeli sembako murah di Pasar Rakyat dan Bazar Ramadan di Parkir timur Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (1/6). Pasar rakyat yang menjual berbagai kebutuhan pokok tersebut bertujuan untuk mengendalikan serta menstabilkan harga sembako menjelang Lebaran. Antara Jatim/Umarul Faruq/zk/18

Sidoarjo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur akan menggelar kegiatan "Pasar Murah Ramadhan" sebagai upaya untuk menekan kenaikan harga kebutuhan sembilan bahan pokok menjelang pelaksanaan Lebaran tahun 2019 di kabupaten setempat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Tjarda di Sidoarjo di Sidoarjo, Selasa, mengatakan kegiatan ini sedianya akan dilaksanakan pada 24-26 Mei 2019, di Parkir Timur GOR Sidoarjo.

"Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok dan terpenuhinya bahan pokok selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri," ujarnya.

Ia mengatakan, beberapa agenda kegiatan selama berlangsungnya pasar rakyat di antaranya, pembagian bahan pokok oleh Bupati Sidoarjo, hari Jumat, 24 Mei 2019 Pukul 15.00 WIB.

"Kami telah menyiapkan sebanyak 3.000 paket bahan pokok yang akan dibagikan yang berisi 2 kilogram gula pasir, 1 botol minyak goreng, 2 bungkus mi instan dan 1 botol kecap. Untuk satu paket sembako tersebut dijual dengan harga Rp20.000 dengan sistem kupon dari Disperindag," ujarnya.

Ia mengatakan, sistem penjualan sembako murah dengan kupon,  untuk  masyarakat yang ingin mendapat sembako murah bisa mendatangi kantor Disperindag Kabupaten Sidoarjo.

"Kami juga mengajak pelaku industri kecil menengah untuk menggelar produk mereka saja kegiatan tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, berbagai makanan dan jajanan khas Sidoarjo hasil olahan dari industri kecil menengah (IKM) akan digelar di pasar Rakyat Ramadhan.

"Sedangkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidoarjo akan menjual berbagai jenis kebutuhan pokok dengan harga murah, di antaranya beras, telur dan daging ayam," katanya.

Untuk penyediaan ikan bandeng murah, kata dia, Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo menjual paket bandeng dengan harga di bawah rata-rata pasar, yakni Rp28.000 rupiah per 2 kilogramnya.

"Kami sebelumnya juga sudah menggelar operasi pasar di antaranya, Balai Desa Banjarbendo, Balai Desa Sumput, Kecamatan Candi, Balai Desa Wedi, Kecamatan Gedangan, Kecamatan Sukodono, Balai Desa Keboharan," katanya.

Komoditas yang dijual dalam operasi pasar, antara lain beras premium 5 kilogram seharga Rp52.500, gula 1 kllogram seharga Rp10.000, tepung 1 kilogram seharga Rp7.700 dan minyak goreng 1 liter seharga Rp10.000.

"Respons masyarakat adanya operasi pasar ini disambut baik, dilihat dari banyaknya partisipasi masyarakat yang membeli sembako di balai desa dan kecamatan," katanya.

Pasar murah bertebaran di berbagai kota

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar