Jakarta (ANTARA) - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran bisa menjadi salah satu momen penting bagi umat Muslim untuk memperindah hati, memperbaiki perilaku, juga penampilan diri.

Untuk urusan penampilan saat Lebaran, artis dan perancang busana muslimah Zaskia Sungkar mempunyai kiat tersendiri. Ia Zaskia membagikan tiga tips untuk memilih baju lebaran tahun ini, beberapa di antaranya adalah pakaian yang sederhana namun nyaman dikenakan.

Kendati demikian, ia juga menilai bahwa tidak ada patokan khusus terkait model pakaian untuk Lebaran.

"Kalau aku lihat ya, fashion sekarang tuh enggak ada rules lagi,” kata Zaskia di Jakarta, Selasa.

Model simple

Untuk suasana Lebaran yang biasanya penuh dengan aktivitas, baik berkunjung sanak saudara hingga makan-makan, Zaskia menyarankan agar memilih model baju lebaran yang sederhana.

"Kalau lebaran kan ingin makan segala macam, nyendokin ketupat, enggak mungkin bajunya yang heboh," ujar Zaskia.

Tampil elegan

Satu hal yang tidak boleh absen dari baju lebaran adalah nuansa elegan ketika dikenakan, sekalipun modelnya sederhana. Hal itu bisa diakali dengan pemilihan bahan dan warna.

"Kalau aku memilih yang simple tapi bisa kelihatan elegan, kita juga bisa kelihatan cantik pakainya," kata dia.

Harus nyaman

Bagi Zaskia, baju lebaran harus nyaman ketika dipakai, apalagi jika mempertimbangkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama hari raya.

"Makin ke sini, sebagai yang membuat dan sebagai yang menggunakan juga aku lebih mementingkan kenyamanan, sih," ucap Zaskia.
 

Pewarta: Peserta Susdape XIX/Suwanti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019