Surabaya (ANTARA) - Persebaya mengandalkan striker asing Amido Balde di lini depan menghadapi Kalteng Putra pada lanjutan pekan kedua Shopee Liga 1 musim kompetisi 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa malam.

“Persoalan administrasi Balde sudah beres dan dia siap main,” ujar pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman kepada wartawan.

Bagi Balde, laga menjamu Kalteng Putra ini merupakan kali pertama pengalamannya bermain di Liga 1, sebab saat melawan Bali United di laga perdana gagal tampil karena terkendala administrasi.

Striker impor kelahiran Bissau, Gunea-Bissau tersebut diharapkan menjadi bomber utama “Bajul Ijo” musim ini menggantikan peran David da Silva yang hijrah ke klub Korea Selatan, Pohang Steelers FC, akhir musim lalu.

Kehadiran Balde sempat membuat asa Persebaya tinggi setelah mencetak 10 gol hanya dalam tiga laga di babak penyisihan di Piala Indonesia, namun meredup di turnamen Piala Presiden 2019.

Menurut Djanur, sapaan akrab pelatih Persebaya, kehadiran Balde sangat diperlukan karena saat melawan Bali United terlihat bagaimana kebingungan pemain sayap Persebaya saat akan melakukan umpan silang .

“Semoga peran Balde mampu membawa Persebaya menang di laga kandang perdana maupun laga-laga seterusnya,” kata eks-pelatih Persib Bandung tersebut.

Selain Balde, Djanur juga bisa memainkan beberapa pemain lainnya yang absen di laga perdana karena cedera, seperti Misbakus Solikin, Oktafianus Fernando maupun Andri Muladi.

Sedangkan, gelandang enerjik Nelson Alom dan bek tangguh Otavio Dutra masih harus menepi karena belum pulih dan tak mendapat rekomendasi dari dokter untuk berlaga.

Sementara itu, Pantauan ANTARA di lapangan hingga pukul 20.00 WIB, puluhan ribu suporter Persebaya, bonek mania, sudah memadati stadion.

Melawan Kalteng Putra yang kick off pukul 20.30 WIB dan disiarkan langsung oleh Indosiar, Djanur menurunkan Miswar Saputra di bawah mistar.

Pemain belakang masing-masing Hansamu Yama, Rahmat Irianto, Novan Sasongko dan Ruben Sanadi diharapkan menjadi benteng tangguh “Bajul Ijo”.

Di posisi tengah, gelandang impor asal Bolivia Damian Lizio akan dibantu Misbakus Solikin, Muhammad Hidayat serta Osvaldo Haay.

Di barisan penyerang, striker jangkung Amido Balde akan didukung Manuchehr Jalilov yang ditugaskan untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan.


Berikut susunan pemain kedua tim:

Persebaya:
Miswar Saputra, Novan Sasongko, Rahmat Irianto, Ruben Sanadi, Hansamu Yama, Damian Lizio, Muhammad Hidayat, Osvaldo Haay, Misbakus Solikin, Manuchehr Jalilov, Amido Balde

Cadangan: Abdul Rohim, M Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Fandi Eko Utomo, Alwi Slamat, Rendy Irwan, Irfan Jaya.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Kalteng Putra:
Dimas Galih, Kevin Gomes de Oliviera, OK John, Rafael Bonfim, Wasyiat Hasbullah, Fajar Handika, I Gede Sukadana, Yu Hyunkoo, Diogo Campos, Patrich Wanggai, Ferinando Pahabol.

Cadangan: David Ariyanto, Bobby Satria, Dendi Maulana, Hedipo Gustavo, Dadang Apridianto, Antoni Putro Nugroho, Elthon Maran.

Pelatih: Gomes de Oliviera

Baca juga: Persebaya kontrak mantan penyerang Celtic

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019