Insya Allah Indonesia dengan umatnya yang namanya bangsa Indonesia ini adalah satu umat yang sesuai dengan konsep Rasulullah SAW dan juga sesuai dengan konsep yang ada dalam Al Quran
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara Peringatan Nuzulul Quran 1440 H/2019 M Tingkat Nasional.

ANTARA melaporkan pada Selasa malam, Presiden bersama Wapres memasuki ruangan acara yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta pada pukul 20.00 WIB.

Sebanyak 558 undangan telah disebar di antaranya kepada sejumlah kementerian dan lembaga, serta duta besar negara sahabat.

Dalam acara itu akan disampaikan uraian hikmah peringatan Nuzulul Quran bertema "Kebersamaan dalam Keberagaman Perspektif Al Quran".

Ceramah tersebut akan dibawakan oleh Ketua Umum Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang Indonesia TGB Zainul Majdi.

TGB Zainul menyampaikan peringatan malam turunnya kitab suci umat Islam di Indonesia itu dikhususkan dengan dilaksanakannya di Istana Negara.

Ia menjelaskan konsep umat yang terdiri dari kemanusiaan, ketuhanan, kebangsaan dan nilai-nilai mulia.

"Insya Allah Indonesia dengan umatnya yang namanya bangsa Indonesia ini adalah satu umat yang sesuai dengan konsep Rasulullah SAW dan juga sesuai dengan konsep yang ada dalam Al Quran," ujar Zainul.

Zainul menambahkan berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia turut serta dalam membangun bangsa.
TGB Zainul Majdi saat memberikan uraian hikmah peringatan Nuzulul Quran bertema "Kebersamaan dalam Keberagaman Perspektif Al Quran" di Istana Negara, Jakarta pada Selasa malam (21/5/2019). (Bayu Prasetyo)


"Semuanya berperan membangun Indonesia. Bahkan yang dari keturunan Arab yang baik-baik juga banyak ikut juga membangun Indonesia. Keturunan India juga ikut membangun Indonesia," ungkap TGB.

Mantan gubernur NTB itu juga menjelaskan peran para ulama yang belajar di Tanah Suci Mekkah juga belajar tidak hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu kebangsaan untuk pembangunan di Tanah Air.

Zainul mengajak seluruh umat muslim untuk melakukan cara yang baik dalam membangun Indonesia ditengah keragaman khasanah budaya bangsa.

"Maka di Indonesia ini Alhamdulillah sekali lagi walau bukan negara agama, tetapi konsep dasar yang menjadi basis dalam interaksi sosial itu konsep umat Alhamdulillah terimplementasi dengan baik di Indonesia," demikian TGB Zainul.

Sementara tokoh yang akan membacakan doa penutup yakni mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva.
 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019