Sorong (ANTARA) - Masyarakat Kampung Bano, Distrik Bamusbama, Kabupaten Tambrauw membuat tempat foto atau spot foto di atas gunung bagi wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke Tambrauw

Letak spot foto di ujung kampung dengan pemandangan hutan yang hijau ditutupi awan menjadi tempat persinggahan dan foto bagi wisatawan yang berkunjung ibukota Kabupaten Tambrauw.

Isak (31) pemuda Kampung Bano di Sorong, Selasa mengatakan bahwa spot foto di gunung Kampung Bano sangat indah dan selama ini menjadi tempat foto bagi setiap orang saat melintas menuju Fef ibukota Kabupaten Tambrauw.

Dia mengatakan, spot foto di gunung Kampung Bano disiapkan oleh masyarakat secara swadaya. Belum ada infrastruktur yang memadai bagi wisatawan di spot foto tersebut.

Karena itu, kata dia, setiap orang yang berkunjung ke Fef, ibukota kabupaten Tambrauw mampir untuk foto secara gratis. Masyarakat setempat belum memikirkan menagih retribusi bagi pengunjung.

Ia menyampaikan, masyarakat setempat dalam waktu dekat akan membangun sejumlah sarana seperti pondok tempat istirahat, menara untuk foto maupun MCK.

Apabila sarana tersebut sudah dibangun di spot foto tersebut barulah masyarakat menarik retribusi dari setiap orang yang berkunjung ke tempat tersebut," ujarnya.*


Baca juga: Ini strategi agresif Tambrauw Papua Barat untuk jadi wisata unggulan

 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019