Minimal kita dapat setengah dari target medali emas itu
Jakarta (ANTARA) - Wakil ketua umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Budi Setiawan menargetkan 18 medali emas pada Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) di Filipina, pada akhir tahun ini.

“Minimal kita dapat setengah dari target medali emas itu,” kata Budi saat dihubungi Antara, Selasa.

Budi menjelaskan target itu terdiri atas masing-masing enam medali emas untuk cabang rowing, canoeing dan dragonboat (perahu naga).

Budi mengatakan untuk mencapai target itu, para atlet terus berlatih sesuai dengan program yang telah dijadwalkan. Namun kata Budi, saat bulan puasa dilakukan perubahan jadwal latihan, yakni pagi dan sore dilakukan latihan ringan dan malam hari untuk jadwal latihan yang berat.

“Setelah Asian Games, para atlet istirahat sekitar 2-3 minggu, kemudian kembali melakukan latihan,” ujarnya.

Terkait kompetisi menjelang SEA Games, Budi menjelaskan untuk rowing dan canoeing dilaksanakan di Eropa dan kualifikasi olimpiade.

“Untuk dragonboat akan mengikuti kejuaraan dunia di Thailand,” kata Budi.

Budi menegaskan Thailand dan Vietnam merupakan Negara pesaing terberat untuk rowing dan canoeing. Sementara untuk dragonboat ada Myanmar yang cukup kuat.

Pada Asian Games 2018, tim Indonesia untuk olahraga dayung menyumbang beberapa medali yakni cabang rowing dengan satu emas, dua perak dan dua perunggu. Kemudian canoeing (kayak dan kano) sebanyak satu emas dan satu perunggu serta dragonboat (perahu naga) dengan dua perak dan satu perunggu.

Baca juga: Indonesia siapkan tujuh nomor dayung-kano untuk Olimpiade 2020

Baca juga: PODSI bidik sembilan emas SEA Games 2019

Baca juga: PODSI akan pindahkan pelatnas kano ke Pangalengan

Pewarta: Fauzi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019