counter

Bulog: Pasar murah efektif jaga stabilisasi harga kebutuhan pokok

Bulog: Pasar murah efektif jaga stabilisasi harga kebutuhan pokok

Illustrasi: Warga antre membeli sembako murah yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019). ANTARA FOTO/Rahmad/ama. (ANTARA FOTO/RAHMAD)

Aceh Besar (ANTARA) - Kepala Perum Bulog Divisi Regional Aceh Sabaruddin Amrullah menyatakan pasar murah yang digelar di seluruh kabupaten/kota di provinsi itu khususnya Banda Aceh sangat efektif dalam menjaga stabilisasi harga di Aceh.

"Masyarakat dapat membeli kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau dan lebih murah dari harga pasar seperti pasar murah yang dapat ditebus oleh keluarga penerima manfaat Rp50.000 per paket," katanya di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela penyelenggaraan pasar murah yang diselenggarakan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Aceh dengan menyediakan sebanyak 1.000 paket bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat, khususnya golongan menengah ke bawah di Kota Banda Aceh.

Ia menjelaskan satu paket yang disediakan di pasar murah tersebut terdiri dari beras lima kilogram, satu kilogram gula pasir dan satu liter  minyak goreng dengan harga per paket sebesar Rp50.000.

"Artinya, jika dikalkulasikan dengan harga di pasaran untuk satu paket yang ditebus tersebut seharusnya sekitar Rp81.500, namun karena adanya subsidi, masyarakat dari kalangan kurang mampu yang memiliki kupon hanya menebus Rp50.000 per paket," katanya.

Menurut dia, dengan adanya pasar murah yang digelar dengan harga terjangkau oleh perbankan khususnya, dapat meringankan dan membantu masyarakat untuk memenuhi sejumlah kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Ia menambahkan Perum Bulog Aceh siap memenuhi permintaan dari BUMN khususnya dan perbankan untuk menyediakan paket pasar murah yang akan digelar di Banda Aceh dan juga kabupaten/kota lainnya di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Pasar murah tersebut di dua lokasi yakni di halaman Masjid Baitussalihin Ulee Kareng dan di kawasan Pasar Peunayong, Banda Aceh

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri langsung Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Ketua BMPD, Zainal Arifin Lubis, Direktur Utama PT Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman dan perwakilan perbankan di Aceh.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov Kalsel gelar operasi pasar ayam

Komentar