Jakarta (ANTARA) - Sehat dan menyegarkan adalah gambaran dari mentimun. Mengonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu menghindari kekurangan nutrisi dan mengurangi resiko penyakit kronis.

Mentimun dapat disantap mentah sebagai camilan, ditambahkan ke salad, sandwich ataupun ke dalam smoothie. Mentimun sendiri terdiri dari 95 persen air, vitamin B, C dan K, tembaga, potasium serta mangan. Berikut ini adalah manfaat dari mentimun untuk tubuh jika dikonsumsi setiap hari menurut Boldsky, Rabu.

1. Mengurangi stres
Mentimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks yang meliputi vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7. Vitamin-vitamin ini bekerja sama dalam merelaksasi sistem saraf dan membantu meredakan serangan panik dan kecemasan yang disebabkan oleh stres.

2. Meningkatkan kesehatan otak
Mentimun mengandung flavonoid anti-inflamasi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid membantu meningkatkan konektivitas neuron Anda sehingga meningkatkan kognisi. Hal ini tidak hanya membantu menjaga memori tetapi juga melindungi sel-sel saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.

3. Menyembuhkan tukak lambung
Saat maag datang, mentimun memiliki sifat untuk mendinginkan. Alkalinitas mentimun membantu menyembuhkan tukak lambung. Dua gelas jus mentimun setiap hari dapat menyembuhkan masalah yang ada pada lambung.

4. Mengatur tekanan darah
Mentimun dipenuhi serat, kalium dan magnesium. Mentimun terkenal sangat membantu dalam menjaga tekanan darah. Baik itu tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah.

5. Melindungi kesehatan jantung
Mentimun mengandung kalium dalam kadar tinggi dan ini sangat berguna untuk mengatur tekanan darah. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi seluler. Ini juga membantu dalam merawat sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung. Kandungan seratnya membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan arteri.

6. Menghilangkan racun
Mentimun kaya akan air, menjadikannya obat alami untuk mengatasi dehidrasi atau kelelahan. Demikian juga, properti nutrisi dari mentimun ini bermanfaat untuk menghilangkan racun yang tidak diinginkan yang ada dalam tubuh Anda.

7. Meningkatkan kesehatan ginjal
Salah satu manfaat utama lain dari mengonsumsi mentimun secara teratur adalah membantu menurunkan kadar asam urat dalam sistem tubuh sehingga menjaga kesehatan ginjal. Mentimun juga dianggap sebagai obat alami untuk membersihkan ginjal, karena membersihkan puing-puing dan melarutkan batu ginjal kecil.

Baca juga: Lawan panas dengan timun

Baca juga: Atasi kantung mata, Yuanita Christiani andalkan timun

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019