Membedakan enam jenis kulit wajah, Anda masuk yang mana?

Membedakan enam jenis kulit wajah, Anda masuk yang mana?

Ilustrasi jenis kulit wajah (ANTARA News/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Sebelum membeli produk perawatan, baiknya mengetahui lebih dulu jenis kulit Anda agar tidak menimbulkan iritasi.

Setidaknya ada empat jenis kulit yang tertera pada label sebuah produk yakni berminyak, kering, normal dan kombinasi. Berdasarkan artikel yang dilansir Huffpost, Rabu, ada enam jenis kulit wajah yang perlu Anda ketahui.

1. Kulit berminyak
Kulit berminyak adalah salah jenis kulit yang paling mudah dikenali. Menurut Dr. Elena Poulos, seorang dokter kulit di Toronto, indikatornya dapat dengan mudah diketahui setelah mencuci wajah. Selain itu, seseorang yang memiliki kulit berminyak dalam satu atau dua jam, wajahnya akan tampak mengkilap meski tidak menggunakan pelempab khususnya pada bagian dahi, tengah hidung dan dagu.

2. Kulit kering
Orang yang memiliki kulit kering cenderung merasa kulitnya sangat kencang setelah mencuci wajah apalagi jika tidak memberikan pelembab dalam satu atau dua jam setelah pembersihan khususnya pada bagian sekitar mata dan mulut.

Kulit kering tidak sama dengan dehidrasi kulit. Kulit yang kering diakibatkan karena kurangnya minyak pada kulit. Sedangkan dehidrasi kulit disebabkan kekurangan air, misalnya setelah melakukan perjalanan dengan pesawat.

3. Kulit berjerawat
Jerawat bukanlah masalah yang terjadi pada remaja. Kulit yang cenderung berjerawat, cenderung lebih mudah tersumbat karena minyak yang lebih tebal yang dapat terperangkap di bawah folikel dan tidak dapat muncul ke permukaan. Kulit berjerawat juga akan memiliki jerawat secara teratur, bukan pada masa tertentu saja.

4. Kulit sensitif
Kulit sensitif biasanya ditandai oleh bagaimana ia bereaksi terhadap produk perawatan dan faktor-faktor seperti sinar UV matahari. Bila Anda menderita alergi musiman, mengalami eksim atau menderita asma, kemungkinan kulit Anda sensitif.

5. Kulit kombinasi
Kulit kombinasi biasanya merujuk pada kulit yang sedikit berminyak di area T-zone dan kering pada bagian lainnya. Namun Dr. Poulos juga mencatat bahwa kulit kombinasi bisa berupa yang berjerawat dan sensitif di waktu yang bersamaan atau rawan jerawat dan kering. Pasa kasusnya setiap orang memiliki kombinasi yang berbeda.

6. Kulit normal
Dalam dunia perawatan kulit dan dermatologi, kulit normal mengacu pada kulit yang tidak mengalami segala jenis kondisi kulit yang berlebihan. Dengan kata lain, Anda tidak akan mengalami wajah yang terlalu kering, berminyak dan tidak selalu berjerawat.

Jenis kulit normal memiliki keseimbangan minyak dan kelembaban yang tinggi. Ini berarti bahwa kulit Anda mungkin terasa cukup netral. Orang berkulit normal juga cenderung memiliki pori-pori yang terlihat lebih kecil daripada mereka yang berminyak.

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar