counter

BI siapkan beasiswa Rp1,2 miliar untuk mahasiswa Sulteng

BI siapkan beasiswa Rp1,2 miliar untuk mahasiswa Sulteng

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah Miyono (tengah) memberikan keterangan pers terkait persiapan kegiatan penukaran uang di Kota Palu dan kondisi perekonomian pasca bencana di daerah terdampak bencana di Sulteng di Kota Palu, Selasa petang (21/5). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Beasiswa tersebut diberikan kepada 100 mahasiswa. 50 untuk mahasiswa IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Palu, 50 lagi diberikan kepada mahasiswa Universitas Tadulako (Untad)
Palu (ANTARA) - Bank Indonesia menyiapkan beasiswa senilai Rp1,2 miliar untuk mahasiswa di Sulawesi Tengah yang mengenyam pendidikan di dua kampus negeri di Kota Palu. .

"Beasiswa tersebut akan kita berikan kepada 100 mahasiswa. 50 untuk mahasiswa IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Palu. Kita sudah tandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dengan rektornya,"kata Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah Miyono, Rabu (22/5)

50 lagi lanjutnya, diberikan kepada mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) yang dalam waktu dekat akan segera menandatangani nota kesepahaman dengan BI Sulteng.

"Beasiswa tersebut akan kita peruntukkan bagi mahasiswa yang berprestasi dan dari kalangan keluarga tidak mampu. Yang dapat mendaftarkan diri adalah mahasiswa di fakultas di antaranya ekonomi, hukum dan di FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)," ujarnya.

Miyono memastikan proses seleksi akan dilakukan secara independen oleh tim seleksi dari BI pusat sehingga tidak ada bantuan orang dalam proses penyeleksian itu.

"Pihak kampus mengusulkan 100 orang mahasiswa calon penerima beasiswa kepada kami. Selanjutnya akan kita seleksi dan saring oleh tim independen menjadi 50 orang,"ucapnya.

Beasiswa tersebut, lanjutnya, diberikan sebagai bentuk apresiasi BI kepada mahasiswa-mahasiswi berprestasi meski kurang mampu di Sulteng yang kuliah di dua kampus itu.

"Jika dikemudian hari mereka kedapatan melanggar misal minum minuman keras. Beasiswanya kita cabut dan kita kasih ke yang lain. Nilai beasiswa per mahasiswa Rp12 juta yang diberikan tiap enam bulan,"ujarnya.

Dia berharap beasiswa yang diberikan dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mahasiswa yang bersangkutan.

Jokowi hampiri warga di silang Monas

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar