Penajam (ANTARA) - Objek wisata pantai di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, selalu dipadati pengunjung saat libur Lebaran sehingga instansi terkait di lingkungan pemerintah kabupaten setempat agar melakukan pengawasan lebih ketat pada objek wisata pantai tersebut, kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nanang Ali.

"Pengawasan tersebut perlu dilakukan untuk menjaga objek wisata tetap aman dan terkendali saat masyarakat memadati tempat wisata pantai tersebut," katanya di Penajam, Rabu.

Berdasarkan pengalaman saat liburan Lebaran tahun sebelumnya, jumlah pengunjung wisata pantai seperti Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Corong di Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai ribuan orang, ujarnya

"Pengunjung di sejumlah objek wisata pantai tersebut bukan saja masyarakat dari Kabupaten Penajam Paser Utara, tetapi juga banyak dari luar daerah," katanya.

Dengan demikian pengawasan untuk menjaga keamanan, kenyamanan serta keselamatan para pengunjung wisata pantai itu menurut Nanang Ali, harus dilakukan dengan maksimal.

Ia juga mengimbau masyarakat pengunjung wisata pantai dapat peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar dan keselamatan.

"Semakin banyak pengunjung biasanya diimbangi dengan banyaknya sampah yang berserakan di wilayah tempat wisata," ujar Nanang Ali.

"Yang terpenting soal kerawanan, keamanan dan keselamatan pengunjung juga menjadi perhatian," ucap politikus Partai Golkar tersebut.

Lancarnya lalu lintas menuju objek wisata pantai tersebut tambah Nanang Ali, juga harus diperhatikan sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Corong memiliki keindahan yang mempesona, sehingga selalu menjadi tujuan wisata setiap liburan, terutama saat liburan Idul Fitri.

Baca juga: Kurang promosi, 40 objek wisata Kupang luput dari incaran wisatawan

Baca juga: PHRI Banten optimistis pariwisata kembali bergairah setelah lebaran

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019