Alhamdulillah Indonesia juara grup
Nanning, China (ANTARA) - Indonesia lolos ke perempat final Piala Sudirman 2019 sebagai juara Grup 1B walaupun kalah dari Denmark 2-3 pada babak penyisihan.

Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu merebut tiket juara grup setelah menaklukkan ganda putri Denmark Maiken Freurgaard/Sara Thygesen 21-18 21-13 di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, China, Rabu.

Sebelumnya, ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengemas satu poin bagi Indonesia usai mengalahkan Kim Astrup/Mathias Boe.

"Alhamdulillah Indonesia juara grup," kata Apriyani usai laga.

Greysia dan Apriyani diberi tanggung jawab untuk merebut satu poin yang menentukan nasib Indonesia itu pada perempat final nanti setelah ganda campuran, tunggal putra dan tunggal putri tersungkur.

"Kita tahu kita penentuan kalau kita juara atau tidak. Yang pasti kita ingin jadi juara. Fokus ke permainan dan ingin tenang dulu untuk ambil poin ini," ungkap Greysia.

Baca juga: Ginting tumbang di tangan Axelson, Indonesia tertinggal 0-2

Sebelumnya pada partai pertama ganda campuran Gloria Emanuelle Widjaja/Hafiz Faisal tumbang melawan pasangan Denmark Mathias Christiansen/Sara Thygesen 17-21 11-21.

Kekalahan kedua Indonesia datang dari sektor tunggal putra ketika Anthony Sinisuka Ginting ditumbangkan Viktor Axelsen 9-21, 16-21 dalam waktu 44 menit.

Kemudian tunggal putri Fitriani harus mengakui kedewasaan permainan Mia Blichfeldt 13-21 19-21.

Dengan hasil itu, Indonesia yang menang 4-1 atas Inggris, mengemas total kemenangan 6-4. Sementara Denmark lolos sebagai runner-up dengan rekor kemenangan 5-5, setelah kalah dari Inggris 2-3.

Inggris, yang berharap Indonesia mengalahkan Denmark agar lolos fase grup, harus gigit jari karena berada pada peringkat terakhir berkat pertandingan penentuan grup 1B malam itu.

Baca juga: Fitriani akui Blichfeldt semakin matang
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019