counter

Liga Spanyol

Teknologi VAR sukses di La Liga

Teknologi VAR sukses di La Liga

Teknologi VAR (mirror.co.uk)

Jakarta (ANTARA) - Komite Wasit Spanyol (CTA) menyatakan bahwa teknologi video alat bantu wasit (VAR) di La Liga telah membantu banyak aspek dalam pertandingan setelah sistem baru itu digunakan untuk pertama kali pada musim ini.

Teknologi VAR telah digunakan 4.293 kali atau rata-rata 12 kali pada setiap pertandingan ada total 380 pertandingan La Liga musim ini dan membuat 114 kali perubahan keputusan wasit.

Perubahan ini termasuk saat memberikan tujuh kartu merah pada kejadian yang tidak terlihat oleh wasit di lapangan. Teknologi tersebut juga telah memberikan 60 gol.

Menurut CTA, protes pemain juga berkurang 17,3 persen sejak teknologi ini diperkenalkan.

Baca juga: 11 pertandingan fase gugur Liga Champions diwarnai VAR

"Petugas pertandingan telah berhasil mengadopsi perubahan tersebut dengan baik, demikian juga dengan pendukung dan media," kata Presiden CTA Carlos Velasco Carballo.

Spanyol adalah negara yang mempunyai wasit terbanyak yang ditugaskan pada kompetisi Eropa sepanjang musim ini, yaitu 34 orang, disusul Italia (33), Jerman (32) dan Inggris (23).

Dua wasit Spanyol dipercaya memimpin pertandingan babak 16 besar dan perempatfinal Liga Champions, sementara Antonio Miguel Mateu Lahoz yang menjadi wasit keempat pada pertandingan final, juga memimpin pertandingan semifinal antara Tottenham Hotspur dan Ajax Amsterdam.

Spurs akan berhadapan dengan sesama klub asal Inggris Liverpool di partai final yang akan berlangsung 1 Juni mendatang di Stadion Wanda Metropolitano Madrid.

Baca juga: Niko Kovac tolak kambinghitamkan VAR

Miljan Radovic ungkap alasan didepak Persib sebagai pelatih

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar