Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket 3x3 putra Indonesia dikonfirmasi telah tiba di Changsa, China, pada Rabu malam untuk mengikuti Piala Asia 3x3 FIBA 2019.

Manajer timnas 3x3 putra Fareza Tamrella menyatakan bahwa tim yang dibesut pelatih Ali Budimansyah itu mengemban target dari Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) mencapai empat besar kejuaraan tersebut.

"Kalau obrolan dengan manajemen 3x3 putra target yang mereka harapkan empat besar," kata Fareza ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Indonesia langsung memasuki putaran final Piala Asia 3x3 FIBA 2019 dan berada di Pool D bersama Kazakhstan serta satu tim lain yang masih mengikuti fase kualifikasi Grup C.

Saat ini di fase tersebut Chinese Taipei sudah meraih dua kemenangan dari tiga pertandingan yang dijadwalkan dan berada di pucuk klasemennya. Taipei akan menghadapi Kyrgyzstan di laga terakhir, tim yang saat ini berada di urutan ketiga. Baca juga: Ali Budimansyah fokus ubah mindset pemain dari 5x5 ke 3x3

Siapapun tim yang lolos dari fase kualifikasi Grup C bakal menjadi lawan pertama Indonesia di Pool D pada Sabtu (25/5) pukul 15.05 setempat (14.05 WIB) sebelum kemudian pasukan Merah Putih menghadapi Kazakhstan di hari yang sama mulai pukul 19.20 setempat (18.20 WIB).

Dari putaran final yang terbagi empat pool, masing-masing bakal dicari dua tim untuk tampil di babak perempat final keesokan harinya.

Indonesia di bawah arahan Ali Budimansyah diperkuat empat pemain yang lolos seleksi beberapa waktu lalu, yakni Rizky Effendi, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, Reza Guntara dan Danny Ray.

Piala Asia 3x3 FIBA 2019 menjadi salah satu ajang persiapan bagi timnas 3x3 putra menyongsong SEA Games 2019 di Filipina, Desember mendatang.

Baca juga: Empat nama anyar warnai seleksi timnas 3x3 putri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019