Bus tersebut khusus untuk melayani penumpang di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Lampung pada arus mudik Lebaran 2019 telah menyiapkan bus eksekutif di Pelabuhan Bakauheni, guna melayani penumpang menuju Terminal Rajabasa, Bandarlampung atau sebaliknya.

"Bus tersebut khusus untuk melayani penumpang di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni," kata Kadishub Lampung, Qodratul Ikhwan, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, untuk calon pemudik yang menggunakan dermaga eksekutif di Pelabuhan Bakuheni, pihaknya bekerja sama dengan pihak Damri dan PT Lampung Jasa Utama (LJU) akan menyediakan bus eksekutif tersebut.

Menurut dia, layanan bus eksekutif tersebut akan menjadi salah satu opsi melanjutkan perjalanan ke Terminal Rajabasa via Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan fasilitas yang lebih nyaman dan lebih cepat dibandingkan bus reguler.

Di sisi lain, Kadishub Provinsi Lampung itu menjelaskan, guna mengantisipasi penumpukan penumpang pada arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, juga akan disiapkan 40 bus cadangan.

"Kami menyiapkan bus cadangan tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik nanti," ujarnya.

Qodratul menjelaskan penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni yang setiap tahunnya terjadi sebenarnya bukan kekurangan armada bus.

Ia menambahkan, kecendrungan pemudik yang masih takut untuk melakukan aktivitas mudik pada malam hari menjadi penyebab penumpukan penumpang di Bakauheni.


Baca juga: Lampung siapkan 460 petugas hadapi mudik
 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019