counter

Somalia layangkan protes lantaran pejabatnya diusir oleh Kenya

Somalia layangkan protes lantaran pejabatnya diusir oleh Kenya

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud melayangkan protes terhadap tetangganya Kenya lantaran mendeportasi dua anggota parlemen dan seorang menteri Somalia setelah pihak berwenang di Nairobi menghalangi mereka memasuki negara tersebut.

Mogadishu (ANTARA) - Somalia melayangkan protes terhadap tetangganya Kenya lantaran mendeportasi dua anggota parlemen dan seorang menteri Somalia setelah pihak berwenang di Nairobi menghalangi mereka memasuki negara tersebut.

Senator Ilyas Ali dan Zamzam Dahir serta Menteri Osman Liban tiba di Bandara Internasional Jomo Kenyatta (JKIA) Kenya pada Senin dan ditahan beberapa jam sebelum akhirnya dipulangkan ke Somalia keeskoan harinya.

Dalam sebuah surat yang dilihat oleh Reuters pada Rabu, Kementerian Urusan Luar Negeri Somalia melayangkan protes atas penahanan dan pengusiran pejabat tersebut.

"Somalia prihatin bahwa sejumlah anggota pemerintah Somalia ... ditahan pihak imigrasi, paspor mereka ditahan, dan memaksa mereka untuk kembali ke Mogadishu," bunyi surat tersebut.

Mereka mengatakan aksi tersebut berisiko membahayakan kemitraan keduanya dan meminta Kenya "untuk mempertimbangkan kemungkinan dampak destabilisasi dari tindakan ini. Pihaknya juga meminta Kenya untuk menegakkan norma-norma diplomatik dalam semangat timbak balik dan saling menghormati."

Juru bicara kepresidenan Kenya, Kanze Dena tidak segera menghubungi kembali Reuters untuk dimintai keterangan.

Sumber: Reuters

​​​​​​​

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar