counter

Emas naik tipis seiring penurunan ekuitas

Emas naik tipis seiring penurunan ekuitas

Pramuniaga menunjukkan emas batangan untuk investasi di sebuah gerai emas di Malang, Jawa Timur, Selasa (16/4/2019). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.

Chicago (ANTARA) - Harga Emas berjangka di Divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup sedikit lebih tinggi pada perdagangan Rabu sore waktu setempat karena acuan saham-saham di Wall Street bergerak mundur.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni naik 1,00 dolar atau 0,08 persen menjadi menetap di 1.274,20 dolar per ounce.

Sementara itu saham-saham Wall Street jatuh pada penutupan Rabu setelah reli di sesi sebelumnya. Indeks Dow Jones Industrial Average turun 102,01 poin atau 0,39 persen menjadi 25.775,32 sebelum perdagangan emas selesai.

Ketika ekuitas membukukan kerugian, logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman (safe haven).

Indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, pun hampir tidak berubah di sekitar 98,07.

Jika dolar tetap kuat, emas berjangka yang diukur dalam dolar, tidak akan menarik bagi investor yang menggunakan mata uang lain.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli naik 3,9 sen atau 0,27 persen menjadi ditutup pada 14,449 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli turun 10,10 dolar, atau 1,24 persen, menjadi 805,30 dolar per ounce.

Baca juga: Harga Emas berjangka naik karena dolar dan ekuitas AS turun
Baca juga: Harga emas berjangka naik dipicu pembelian aset investasi yang aman

 

Penerjemah: Risbiani Fardaniah
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar