Ribuan TKI Sabah mudik Lebaran dari Kaltara

Ribuan TKI Sabah mudik Lebaran dari Kaltara

Dokumentasi - Porter menaikkan barang bawaan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Negeri Sabah, Malaysia dari perahu katinting di Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. (ANTARA FOTO/M.Rusman)

Nunukan (ANTARA) - Pantauan di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara pada 17 Ramadhan 1440 Hijriah sebanyak dua kapal penumpang berangkat menuju Parepare dan Makassar Sulawesi Selatan, yakni KM Bukit Siguntang milik PT Pelni dan KM Thalia kapal milik swasta.

Penumpang mudik lebaran Idul Fitri pada 2019 Masehi ini sebagian besar adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Sabah Malaysia yang jumlahnya mencapai 3.000 orang lebih, kata General Manager PT Pelni Cabang Nunukan, Alex di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Kamis.

Penumpang mudik lebaran melalui KM Bukit Siguntang naik di Pelabuhan Tunon Taka sebanyak 1.229 orang, 1200 yang menggunakan KM Thalia. Sementara yang naik di Pelabuhan Tarakan dengan menggunakan KM Bukit Siguntang sebanyak 927 orang.

KM Bukit Siguntang yang merapat di Pelabuhan Tunon Taka pada Rabu (22/5) sekitar pukul 14.00 wita dan berangkat sekitar pukul 16.00 wita dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dan TNI bersenjata.

Kapal milik PT Pelni ini berlayar menuju Pelabuhan Balikpapan (Kaltim), Parepare dan Makassar (Sulsel), Baubau (Sultra) dan terus ke Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan KM Thalia berangkat dengan pelayaran langsung menuju Pelabuhan Nusantara Parepare pada hari yang sama sekira pukul 17.30 wita. Kapal ini juga mengangkut TKI asal Sabah yang mudik ke kampung halaman.*


Baca juga: Ribuan TKI mudik dari Malaysia

 

Pewarta: Rusman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Peringatan Hari Pahlawan di KM Kelud

Komentar