counter

Olimpiade

Tim hoki putri gabungan Korea batal ke kualifikasi Olimpiade

Tim hoki putri gabungan Korea batal ke kualifikasi Olimpiade

Pemain Cina melakukan selebrasi kemenangan atas Korea Selatan dalam pertandingan memperebutkan peringkat 3 Hoki Putri Asian Games 2018 di Lapangan Hoki, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (31/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Dhoni Setiawan)

Jakarta (ANTARA) - Korea Selatan memutuskan untuk mengirim tim sendiri ke putaran Final Hockey Series pada bulan depan di Irlandia menyusul terhentinya pembicaraan soal pembentukan tim gabungan dengan Korea Utara di ajang kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 itu.

Seperti dilaporkan Yonhap, Federasi Hoki Internasional (FIH) memberikan tenggat sampai Kamis (23/05) untuk pendaftaran tim pada turnamen yang akan berlangsung 8-16 Juni mendatang.

Dua Korea pada Februari lalu sudah menyetujui untuk mengirim tim gabungan di berbagai cabang olahraga, tapi Korea Selatan akhirnya memutuskan untuk mengirim tim sendiri di kejuaraan hoki putri tersebut setelah negara tetangga tidak merespon ajakan untuk latihan bersama.

Diplomasi olahraga menjadi sarana cukup efektif untuk mencairkan hubungan kedua sejak 2018 lalu, yaitu ketika mereka menurunkan tim gabungan di cabang hoki es putri di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang.

Kedua negara juga penyampaikan keinginan untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia Putri 2023, tapi tensi politik kembali meningkat setelah ihak Korea Utara melakukan uji coba roket nuklirr pada awal Mei lalu.

Korea Selatan, peraih perak hoki putri di Olimpiade 1988 dan 1996, saat ini menempati peringkat 11 dunia, sementara Korea Utara tidak mempunyai peringkat FIH.

Baca juga: IOC rekomendasikan tinju Olimpiade Tokyo 2020 tidak di bawah AIBA

Baca juga: Didiagnosis leukemia, perenang Jepang Ikee berjibaku dengan pengobatan

Baca juga: Zohri memastikan tampil di Olimpiade 2020 Tokyo

 

Yogyakarta, siapkan Atlet panjat tebing menuju Olimpiade Tokyo 2020

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar