counter

Forum sekda jadi ajang berkomunikasi pemkab/pemko se-Papua

Forum sekda jadi ajang berkomunikasi pemkab/pemko se-Papua

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal melantik dan mengukuhkan forum sekda kabupaten/kota se-Bumi Cenderawasih yang diketuai oleh Sekda Kabupaten Keerom Blasius Waluyo Sejati di salah satu hotel Jayapura (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)

Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua mengharapkan pembentukan forum sekretaris daerah (sekda) se-Bumi Cenderawasih dapat menjadi ajang berkomunikasi baik dengan atasan maupun bawahan di antara pemkab/pemko di provinsi tersebut.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinaldi Jayapura, Kamis mengatakan dengan adanya forum ini maka para sekda se-Bumi Cenderawasih dapat tetap menjaga kapasitas, kualitas dan komunikasi yang baik dengan atasan maupun bawahan.

"Kami juga dari provinsi merasa sukacita dan berbahagia karena sekda yang merupakan tangan kanan dari pemerintah di daerah ini, sudah bisa membentuk suatu organisasi atau forum komunikasi sehingga dengan demikian banyak hal-hal positif yang bisa nantinya dilahirkan untuk kepentingan internal ke dalam tapi juga kepentingan pelayanan masyarakat sebagai fungsi kerja bersama," katanya.

Menurut Klemen, sekda adalah administrator di daerahnya dengan pangkat tertinggi atau senior, di mana harus menunjukan kapasitas dan kualitas cara melayani sehingga, disegani dan dihargai para pegawai di daerah kabupaten maupun kota baik dari segi kesenioran, jabatan, pangkat golongan namun juga kapasitas.

"Pengalaman-pengalaman mulai dari karir, baik di daerah selatan, gunung bagaimana sampai dipercaya untuk menjadi sekda, itulah yang akan membuat menjadi tangguh dalam mendampingi bupati dan walikota di daerah masing-masing," ujarnya.

Dia menjelaskan sekda harus berkolaborasi dengan baik dengan seorang bupati dan walikota,sehingga bisa menjadi mitra, karena jangan sampai keputusan yang diambil seorang bupati bertabrakan dengan undang-undang yang ada.

"Melalui forum komunikasi ini, para sekda dapat menjalankan fungsinya, karena banyak hal-hal yang baik dan besar yang akan dilakukan, termasuk juga keuntungan bagi pegawai, di mana hal ini harus diperhatikan dengan baik karena pegawai pemerintah kabupaten kota bukan pegawai perusahaan," katanya lagi.

Sekadar diketahui, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal telah melantik dan mengukuhkan forum sekda kabupaten/kota se-Bumi Cenderawasih yang diketuai oleh Sekda Kabupaten Keerom Blasius Waluyo Sejati pada Rabu malam (22/5) di salah satu hotel Jayapura.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar