Waisai (ANTARA) - Harga cabai rawit di pasar tradisional Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, mengalami kenaikan Rp130.000 dari harga sebelumnya Rp60.000 per kilogram akibat stok berkurang.

Pedagang di Pasar Waisai Raja Ampat, Kamis, menawarkan satu kilogram cabai rawit seharga Rp130.000 atau naik Rp70.000 dari harga sebelumnya Rp60.000 per kilogram.

Seorang pedagang Pasar Waisai Raja Ampat, Tambrin (32), mengaku menjual cabai rawit seharga Rp130.000 per kilogram karena harga di tingkat agen dan petani naik.

Menurut dia, cabai rawit yang dijual pasar tradisional waisai didatangkan dari Sorong baik dari petani Kabupaten Sorong maupun agen yang mendatangkan dari luar Kota Sorong.

Karena itu, jika stok cabai rawit di pasar Waisai berkurang maka pedagang menaikkan harga dan itu adalah bagian dari hukum ekonomi. Jika stok terbatas permintaan tinggi maka harga pasti naik.

Ia mengungkapkan harga cabai rawit naik hingga Rp130.000 tidak mempengaruhi warga waisai Raja Ampat. Warga tetap membeli cabai dengan sedemikian rupa.

"Cabai keriting tidak mengalami perubahan harga karena stok melimpah sehingga harga tetap stabil Rp60.000 per kilogram," ujarnya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019